Ticker

6/recent/ticker-posts

Terobosan Baru DisDukcapil Bone, Cetak Dokumen Kependudukan Bisa Dikantor Desa




Bone, Kompak Nusantara Online -- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bone Andi Saharuddin, S.STP, M.Si punya inovasi layanan online. Dengan layanan itu, dokumen kependudukan kini bisa cetak di kantor desa, pekan lalu.

Lanjut Andi Saharuddin menjelaskan, dengan adanya layanan online di Dukcapil Bone, dokumen kependudukan seperti KK, akte kelahiran dan SKP WNI dapat dicetak di seluruh kantor desa. Bahkan memungkinkan dicetak dimana saja.

"Tentu dengan inovasi tersebut kami juga mengharapkan lahirnya inovasi dari desa-desa agar masalah-masalah yang kita hadapi (dapat menemui solusi), contoh yang seperti belum semua (masyarakat) mengerti penggunaan teknologi, tidak memiliki print dan lainnya," paparnya.

Masih kata mantan Camat Kecamatan Tanete Riattang ini menyebutkan, untuk mencetak KK, akte kelahiran dan SKP WNI dapat menggunakan kertas biasa. Kata dia, kertas biasa itu namanya "kertas putih" dengan ketentuan F4 80 gram.

Tak hanya itu, Kendati masih dicetak di kantor Dukcapil Bone, tapi dalam proses cetak e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA) juga terdapat kemudahan. Percepatan proses penginputan data dilakukan di kecamatan.
Kalau KTP dan KIA masih dicetak di kantor. Namun untuk penginputan datanya bisa juga dilakukan pada saat program layanan keliling jemput bola di kecamatan," jelasnya

Mengetahui hal tersebut, masyarakat di sejumlah desa di daerah yang berjuluk Bumi Arung Palaka ini sangat berharap layanan cetak dokumen kependudukan tersebut segera dapat diberikan di kantor desa.

Mereka berharap inovasi DisDukcapil dapat disambut dengan menghadirkan inovasi di desa agar pelayanan kependudukan lebih dekat. Sehingga warga menghemat waktu dan hemat biaya operasional atau bahkan gratis. ( Suspi/red )

Posting Komentar

0 Komentar