Breaking News

Wakil Ketua DPRD Luwu Utara Karemuddin, Guru Honorer Berstatus (P) Di Proritaskan




Kompak Nusantara.Com -- Luwu Utara
Sejumlah guru honorer dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Luwu Utara mendatangi kantor DPRD Kabupaten Luwu Utara untuk menyampaikan aspirasinya (RDP) Rabu 29/5/2024. 

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) mereka diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Luwu Utara, Karemuddin.

Guru-guru honorer yang telah lolos kualifikasi 'passing grade' (P) pada kompetensi teknis penerimaan PPPK pada September tahun 2023 lalu menyampaikan kekhawatiran mereka terkait status mereka dalam proses rekrutmen PPPK pada tahun 2024 ini,

"Yang ingin kami tanyakan, apakah kami yang berstatus (P) ini masih harus mengikuti tes atau seperti apa?, ungkap salah satu perwakilan guru di ruang RDP,

Mereka juga mempertanyakan formasi yang tersedia, terutama untuk jurusan yang ditutup seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan matematika yang tidak linear.

Kekhawatiran juga disampaikan terkait potensi kekalahan mereka dalam ujian (tes perekrutan PPPK) mendatang, dibandingkan dengan pendaftar baru yang minim masa pengabdiannya.

"Kami sudah mengabdi puluhan tahun, kapan kami bisa merasakan NIP? Kalau kami yang sudah lama mengabdi harus diuji lagi bersama yang masih baru dan muda, tentu kami kalah," ungkap salah satu guru, 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Luwu Utara, Arif Palallo, menjelaskan bahwa penetapan status (P) dan kesamaan dengan lulusan kode 361 masih menunggu aturan lebih lanjut dari Kemenpan RB. Ia berjanji akan membawa keluhan ini ke BKN bersama DPRD,

Wakil Ketua DPRD Luwu Utara, Karemuddin, juga berkomitmen membawa aspirasi guru honorer ke BKN Pusat. 

"Ini memprihatinkan, kasihan kalau yang baru lulus hanya karena paham teori sementara honorer yang sudah mengabdi lama tidak lulus. Seharusnya diprioritaskan yang sudah mengabdi lama," tegasnya.

Karemuddin menambahkan bahwa pengabdian adalah tes yang paling tinggi. 

"Gaji honorer jelas di bawah standar UMR, gaji berdasarkan keikhlasan kepala sekolah, ditambah lagi mencerdaskan anak bangsa. DPR serius terkait masalah ini, kami akan kawal persoalan ini dengan baik. Saya minta data jumlah yang berstatus (P) ini akan saya bawa ke BKN Pusat," ujarnya.

Ia juga mengecam praktik SK siluman dan KKN dalam penerimaan PPPK.

"Hentikan SK-SK siluman seperti itu, saya kecam keras hal yang berbau KKN. Prioritaskan yang mengabdi. Jangan karena ada kedekatan dengan pihak sekolah atau dinas, orang yang minim pengabdian diberikan SK agar bisa ikut mendaftar dan lulus," tuturnya. 

Karemuddin menegaskan agar informasi terkait praktik tidak etis dilaporkan kepadanya dengan jaminan kerahasiaan identitas pelapor.

"Laporkan kepada saya, saya akan tindak lanjuti. Saya tidak suka dengan cara-cara seperti itu," tegasnya.

Jurnalis  : (Herman)

0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA