Ticker

6/recent/ticker-posts

Desa Gunung Perak Penghasil Utama Pertanian Sayuran di Kabupaten Sinjai




SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Budidaya tanaman sayur adalah salah satu kegiatan mayoritas petani di  Gunung Perak sebagai sumber pendapatan keseharian mereka, pemilihan tanaman sayur ini dikarenakan masa panen yang lebih cepat dan permintaan yang semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, dan kondisi faktor lingkungan yang sangat mendukung. 

Kasi Kesra Desa Gunung Perak Abd Azis dan Kasi Keuangan Triabaini Zulfadillah. SE, mengatakan wilayah Gunung Perak terkenal sebagai daerah penghasil sayuran. Maka tidak mengherankan jika mayoritas masyarakatnya atau pertaniannya adalah tanaman sayuran.

Desa Gunung Perak memiliki enam dusun, kepala desa Gunung Perak Abdul Rahman. S.Sos, masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya daerah ini dikenal sebagai desa penghasil tanaman sayuran merupakan salah satu desa dengan hasil panen tanaman sayuran yang melimpah.


Hasil pertanian menjadi penyangga utama perekonomian masyarakat Gunung Perak dengan komoditas sayur segar.

Lahannya yang subur menjadikan Desa Gunung Perak Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan sebagai penghasil tanaman sayuran di Kabupaten Sinjai, ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Beragam komoditas sayur yang dihasilkan petani seperti: Kol, Tomat, Kentang, Wortel, Lombok, Bungcis dan lain-lain, tanaman sayuran ini tersebar di enam dusun di desa Gunung Perak.

"Awaluuddin, petani sayur di Dusun Pungcak saat ditemui Media ini di lahan pertanian sayur miliknya, mengatakan setelah paneng sebelum didistribusikan ke sejumlah pasar pedangan datang melihat kualitas hasil paneng untuk menentukan harga beli dengan cara menimbang.

Setiap hasil panen petani, sayur dibawa ke pasar untuk dipasarkan ke sejumlah kota antara lain, Makassar, Bone, Bulukumba, Selayar, Sulawesi Utara dan tersebar pada pasar yang ada di Sinjai, "Tuturnya. Senin (22/01/2024).(Iar).


Posting Komentar

0 Komentar