Ticker

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Kinerja Pelayanan, Pemdes Saotanre Gelar Pelatihan Tupoksi Para Kader Desa






SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Pemerintah Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan pelatihan tupoksi terkait tugas dan fungsi para kader desa di Aula Kantor Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah pada hari Jum'at, 01 November 2023.

Kader Desa yang dimaksud yaitu: kader pos Pelayanan Perpadu (Posyandu), kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) serta Kader Bina Keluarga Balita (BKB).

Kegiatan tersebut di buka oleh Sekretaris Desa Saotanre, Sainal Abidin,S.Kom.I dan didampingi oleh Kaur Perencanaan Desa Saotanre, Aminuddin selaku Pelaksana Pengelola Keuangan Desa (PPKD) dalam kegiatan tersebut hadir Kaur Tata Usaha Syukri.

Adapun Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan tersebut yaitu: Andi Sinapati,SKM dan Sahriani,AMG dari Puskesmas Lappadata Kecamatan Sinjai Tengah serta Kepala Puskesmas Pembantu (PUSTU) Desa Saotanre, Andi Nurzakiah,STR.,Keb, dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang yang merupakan para kader.

Sekretaris Desa Saotanre, Sainal Abidin,S.Kom.I, dalam kegiatan tersebut berharap kegiatan pelatihan ini mempunyai efek ataupun dampak yang positif bagi para kader itu sendiri dan para kader wajib paham terkait Tupoksinya.


"Kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan demi peningkatan kapasitas kader sebagai pengelola dan pelaksana pelayanan kesehatan di desa,  agar lebih memahami peran, tugas dan fungsinya dalam pembangunan kesehatan khususnya percepatan pencegahan stunting." harapnya.

Sementara itu, Aminuddin selaku PPKD dari kegiatan tersebut menyampaikan bahwa apa yang dilakukan ini dengan harapan terciptanya masyarakat yang sehat, lingkungan yang bersih, terhindar dari segala macam penyakit.

"Jadi semua yang dibahas dalam pelatihan ini, tidak lain agar para kader posyandu tau apa yang harus mereka kerjakan dan tentunya untuk mengatasi berbagai hal tentang kesehatan di masyarakat." Ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Saotanre, Andi Sulaeman,S.Sos menuturkan bahwa tujuan diadakannya pelatihan untuk para kader tersebut dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan para kader pada masyarakat, apalagi saat ini pemerintah Desa Saotanre fokus dalam hal pencegahan Stunting di Desa.


Kader harus memahami dan tahu persis apa yang menjadi tugas dan fungsinya demi peningkatan kinerja pelayanan kesehatan di Desa, kalau para kader telah terlatih tentunya akan melakukan yang terbaik untuk melayani masyarakat demi menjadikan Desa Saotanre, Desa Sehat." Tuturnya.

Diketahui anggaran kegiatan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Saotanre Tahun Anggaran 2023, demikian yang sampaikan Kaur Tata usaha Desa Saotanre Syukri pada Media ini. Senin (04/11/2023).

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar