Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemdes Bonto Salama Sukses Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi Untuk Ternak



SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM--
Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi Berbasis Tanaman Rumput gaja untuk ternak Sapi dan Kambing, pelatihan berlangsung selama dua hari tanggal 9 -10 Agustus 2023, di balai Desa Bonto Salama Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan.

Pelatihan bagi Kelompok tani desa Bonto Salama, tentang pembuatan pakan ternak fermentasi untuk hewan Sapi dan kambing tersebut serta pelatihan pembuatan pakan ikan Nila, dan Lele jumbo.


Saat di temui media ini Sekretaris Desa Bonto Salama Abidin mengatakan bahwa pemerintah desa Bonto Salama dalam hal Bapak Arfah Mappa terus menebarkan kegiatan yang memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya kelompok tani di wilayah Bonto Salama, "Jelas, Abidin. Selasa (22/08/2023).

Lebih lanjut Abidin; bahwa proses pembuatan pakan ternak fermentasi berasal dari Rumput gaja dan Dedak padi, tepung ikan, kanji dan lainnya yang di anggap perlu. Para kelompok tani diajarkan membuat pakan ternak fermentasi oleh kordinator penyuluh Pertnakan yakni: Rahman. SP dan penyuluh pertanian Solihin.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan tersebut dengan cara pengolahan fermentasi untuk pakan ternak.

 Kesimpulannya pelatihan ini memberikan peningkatan pengetahuan dan praktek pembuatan pakan fermentasi dalam guna peningkatan perekonomian masyarakat kelompok tani yang ada di desa Bonto Salama.

Dalam pelatihan tersebut hadir Kepala desa Bonto Salama Arfah Mappa, Sekdes Abidin bersama staff, Kepala dusun, Ketua BPD Sainal Arif, Koordinator penyuluh Pertanian dan Peternakan, hadir 24 kelompok tani dan satu Gapoktan se-desa Bonto Salama.

Jurnalis: Bakhtiar

Posting Komentar

0 Komentar