Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab Sidrap-Bank Mandiri Kerja Sama Dukung Penerimaan PAD




Sidrap, Kompak Nusantara.com -- Bupati Sidrap, H. Dollah Mando dan Pj. Area Head Mandiri Parepare, Iwa Gunawan menandatangani kesepakatan bersama terkait pengembangan layanan perbankan bagi kepentingan publik di Kabupaten Sidrap, Senin (26/6/2023).

Penandatangan berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III, Kantor Bupati Sidrap, disaksikan perwakilan Bank Mandiri TBW  Region X Sulawesi dan Maluku, Fakhryadi Amran, Bank Mandiri CBC Region X Sulawesi dan Maluku, Imelda Pattinasarany, dan Kepala Cabang Bank Mandiri Sidrap Supratman Iskandar.

Di kesempatan yang sama dilakukan pula penandatangan perjanjian kerja sama antara Pj. Area Head Mandiri Parepare, Iwa Gunawan dengan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sidrap, Muhammad Yusuf.

Perjanjian mengenai penyediaan layanan perbankan dalam rangka penerimaan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah melalui mekanisme host to host.

Bupati Sidrap menyambut baik jalinan kerja sama dengan Bank Mandiri yang dinilainya akan memudahkan layanan perbankan, khususnya pembayaran pajak dan retribusi daerah yang bakal mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Dollah selanjutnya berharap agar program dan layanan tersebut disampaikan kepada masyarakat luas. Dikatakannya, masyarakat Kabupaten Sidrap akan dengan mudah mengikuti program kalau melihat contoh atau bukti.

“Tadi disampaikan kalau kerja sama ini telah dilaksanakan di Kabupaten Wajo. Jadi tolong diberi bukti apa kelebihan dan tantangannya. Kalau memang memudahkan, masyarakat pasti ikut tanpa disuruh, kalau susah mereka tidak akan ikut,” beber Dollah.

“Mudah-mudahan kerja sama ini diberkahi Allah SWT. Dan Insya Allah Kabupaten Sidrap jadi contoh ke depan,” lontarnya.

Sementara Muhammad Yusuf mengutarakan, Bapenda Sidrap senantiasa melakukan inovasi dalam rangka peningkatan PAD. Salah satunya, dengan kerja sama dengan Bank Mandiri tersebut.

“Dengan lahirnya MoU ini, tentunya makin memudahkan layanan-layanan kepada wajib pajak. Kami sadari pembayarana digital sangat membantu masyarakat, utamanya dalam dua kegiatan kami, PBB dan BPHTB,” jelas Yusuf.

Fakhryadi Amran atas nama Bank Mandiri berterima terima kasih kepada Pemkab Sidrap yang menyambut niat baik untuk meningkatkan PAD di Sulsel. 

“Kami bangga bisa bekerja sama dengan salah satu pemenang digiltalisasi di Sulsel, di mana tahun lalu Kabupaten Sidrap mendapat penghargaan dari Bank Indonesia,” tutur Fakhryadi.

Dipaparkannya lebih lanjut, Bank Mandiri punya reputasi dan pengalaman sebagai penyedia layanan transaksi banking yang inovatif termasuk untuk institusi yang bergerak dalam pelayanan publik. 

“Bank Mandiri akan memperluas jaringan dan memudahkan penerimaan PAD di Sidrap. Misalnya ada canel terbatas dengan layanan-layanan di luar pulau Sulsel, cari Bank Mandiri saja,” cetusnya. 

Fakhryadi mengakui, ada tantangan dalam melakukan adaptasi dan membiasakan wajib pajak transaksi secara digital. 

“Contoh di Wajo, pasti ada resistensi. Namun pelan-pelan kita kasih pengertian dan akan menjadi kebiasaan mereka. Pimpinan cabang melakukan sosialisasi secara rutin ke masing-masing kecamatan, ada pula mandiri agen melakukan pembayarana melalui canel dimaksud,” pungkasnya.

Sejumlah pejabat Pemkab Sidrap hadir dalam acara tersebut, di antaranya Asisten Administrasi Umum, Nasruddin Waris, Kadis Kominfo, H. Bachtiar, Kadis Perhubungan, Andi Bahari, Kadis Peternakan dan Perikanan, Semuel, Kadisporapar, Indah Said Roem, Kabag Kerja Sama, Andi Besse, dan pejabat terkait lain.

Posting Komentar

0 Komentar