Ticker

6/recent/ticker-posts

Lewat “Mbah Sijaka”, Risma Ernawati Wakili Sulsel Lomba Nakes Teladan Nasional




Sidrap, Kompak Nusantara.com -- Prestasi membanggakan ditorehkan Kepala Instalasi Gizi RSUD Arifin Nu'mang Kabupaten Sidenreng Rappang, Risma Ernawati, S.ST.,MM, pada lomba Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan tahun 2023.

Lewat inovasi “Mbah Sijaka”, Risma meraih peringkat pertama kategori tenaga gizi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil ini membuatnya berhak mewakili Sulsel ke tingkat nasional.

Pengumuman pemenang lomba yang terdiri 19 kategori itu, tercantum dalam Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Nomor: 440.5.2/04070/DISKES yang ditandatangani Kadis Kesehatan Sulsel, dr. Hj. Rosmini Pandin, MARS.   

Dirincikan dalam surat keputusan, Risma memperoleh nilai 193,00 mengungguli Hamdiana, S.ST, M.Kes dari RSUD Tenriwaru Kabupaten Bone dengan nilai 190,00 (peringkat II), dan Andi Linda Mandasari Maskur, S.Tr. Gz. Yang punya nilai 157,00 (peringkat III).

Saat dimintai komentarnya, Risma menyatakan rasa syukur bisa berprestasi pada lomba yang diikuti para tenaga kesehatan terbaik itu.

“Saya dapat infonya tadi pagi. Alhamdulillah, Saya banyak bersyukur dengan adanya pengumuman hasil verlap nakes teladan, juara pertama kategori tenaga kesehatan gizi rumah sakit tingkat provinsi. Tidak pernah terbayang akan ikut ajang kompetisi-kompetisi, Saya hanya mau bekerja dan bekerja,” tutur Risma yang dihubungi Senin (5/6/2023).

Risma menjelaskan, ikut lomba tersebut mengusung inovasi Mbah Sijaka (Mengolah Limbah Sisa Makanan Menjadi Berkah). Ia memanfaatkan limbah makanan pasien menjadi pupuk organik cair melalui proses fermentasi.

 “Jadi, bagaimana mengolah  sisa makanan pasien dan sisa pengolahan bahan makanan jadi bermanfaat dan berkah,” bebernya.

Risma selanjutnya menyatakan, keberhasilan itu bukan semata-mata karena andilnya seorang diri, namun keberhasilan RSUD Arifin Nu'mang dan Kabupaten Sidrap. Karenanya ia berterima kasih kepada rekan-rekannya di RS Arifin Nu’mang, semua kepala instalasi/kepala ruangan.

Ia juga mengapresiasi dukungan Pemkab Sidrap, Dinas Kesehatan Dalduk KB, Bagian Organisasi, Bappedalitbangda, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, dan pihak-pihak lainnya.

“Tak lupa tim instalasi gizi yang selalu saya cintai serta Bapak Direktur yang selalu saya banggakan, dan terkhusus buat keluargaku tersayang. Tanpa dukungan dan supportnya semua saya tidak akan  menjadi yang terbaik, membuatku bangga berada di Kabupaten Sidrap khususnya di RS Arifin Nu'mang,” lontarnya.

Sementara Direktur RSUD Arifin Nu’mang, dr. H. Budi Santoso, M.Si menyatakan rasa gembira dan bangga salah satu nakes-nya mewakili Sulsel ke tingkat nasional. Ia berpesan agar Risma senantiasa belajar dan mengembangkan diri demi peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Selamat atas penghargaan yang diterima, semoga seperti padi makin berisi makin tunduk,” katanya. 

Setelah pengumuman tersebut, saat ini Risma bersiap menghadapi penilaian tingkat nasional. “Belum ada info kapan penilaiannya, namun kami bersiap, selalu belajar, bekerja dan berteman pakai hati,” pungkas Risma.

Jurnalis : Darwin 

Posting Komentar

0 Komentar