Ticker

6/recent/ticker-posts

Dorong Ketersediaan Data Akurat, Kadis Kominfotik Wajo Wakili Bupati, Buka Forum Satu Data Indonesia 2022




Wajo, Sulsel Sebagai upaya untuk menentukan daftar data daerah dan data prioritas daerah sekaligus mewujudkan ketersediaan data statistik sektoral yang akurat, Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Wajo menggelar Rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Wajo Tahun 2022.

Rapat yang juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar forum satu data tingkat kabupaten Wajo dalam menyelenggarakan pengelolaan data sektoral ini digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Kamis (27/10/2022)

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Wajo, Dwi Apryanto yang mewakil Bupati Wajo, Amran Mahmud membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa salah satu penyakit birokrasi yang saat ini harus segera ditangani adalah kurang tersedianya data dan tidak validnya data yang dimiliki, atau bahkan sama sekali tidak memiliki data.

Menurut Dwi, data selalu menjadi kebutuhan, selalu menjadi dasar pijakan kita sebagai pelayan masyarakat ataupun malahan sebagai pengguna data lain untuk menyusun berbagai langkah kebijakan strategis dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat maupun mengatasi bermacam masalah yang sedang dan akan dihadapi masyarakat ke depan.

"Kita tidak ingin salah melangkah, salah mengambil kebijakan apalagi sampai salah mengambil keputusan, hanya karena data yang terbatas, kurang valid apalagi sampai kita tidak memiliki data sama sekali, " katanya.

Lebih lanjut, Alumni STPDN ini mengajak kepada seluruh peserta Rapat Koordinasi untuk menyiapkan   data, memiliki data, menjaga data. "Gali dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya data itu. Data menjadi pintu masuk kita ke dalam setiap aktivitas kegiatan untuk menciptakan kemajuan dan kesejahteraan di tanah Wajo yang kita cintai," ucapnya.

Dwi juga menuturkan bahwa data sektoral menjadi salah satu kata kunci yang wajib dibenahi. "Data harus akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pemerintah pusat maupun daerah, " tutupnya.

Rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia Tingkat kabupaten  Wajo ini menghadirkan Rustan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wajo, dan Andi Pallawarukka, Kepala Bappelitbangda Kabupaten  Wajo sebagai Narasumber, sementara peserta terdiri dari para Sekretaris bersama Kasubag Perencanaan OPD dan Kecamatan serta Anggota Forum Data Kabupaten  Wajo.

Posting Komentar

0 Komentar