Ticker

6/recent/ticker-posts

Terpisah Keluarga Sejak 2014, Lansia Asal Bantaeng Dipulangkan Dinsos Sidrap




SIDRAP KOMPAK NUSANTARA ONLINE -- Seorang pria lanjut usia asal Kabupaten Bantaeng yang sekitar dua bulan terakhir berada di Kabupaten Sidrap, dipulangkan ke kampung halamannya, Selasa (22/3/2022).

Proses pemulangan dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidrap. Tim dipimpin Kabid Rehabilitasi Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial, Hj. Nurhidayah.

Turut dalam tim, Pekerja Sosial Muda, Sukirman, serta Pekerja Sosial, Megawati, dan Muhammad Fadly.

Diceritakan Nurhidayah, sebelumnya, berdasar aduan masyarakat, pekerja sosial melakukan identifikasi dan pemantauan selama kurang lebih dua pekan terhadap lansia bernama Mado tersebut. 



"Setelah dilakukan asesmen, didapat informasi bahwa klien tersebut mengalami keterbatasan, dan melakukan kegiatan mengemis di Kabupaten Sidrap kurang lebih dua bulan," beber Nurhidayah.

Ditambahkannya, saat mengemis lansia tersebut didampingi seorang anak yang bukan sanak keluarganya, dan diduga korban eksploitasi. 

Menindaklanjuti hal itu, lanjutnya, Dinas Sosial Kabupaten Sidrap langsung melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bantaeng untuk upaya penelusuran keluarga. 



"Setelah berhasil melakukan penelusuran keluarga, Pemerintah Kabupaten Bantaeng siap menerima dan melakukan reunifikasi dengan keluarga Pak Mado yang berpisah dengan keluarganya sejak tahun 2014," papar Nurhidayah lagi.

Ia juga mengatakan, Pemkab Bantaeng berterima kasih kepada Pemkab Sidrap atas perhatian dan kerja sama dalam penanganan sampai pemulangan warga lansia tersebut.

Pewarta : Darwin


Editor : Sri Indah Wahyuni

Posting Komentar

0 Komentar