Breaking News

Disdik Sinjai, Pentingnya Penyusunan Soal Yang Mengacu Pada Standar Nasional,





SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib, S.STP. MSi, bakal memfasilitasi para guru pelatihan penyusunan dan pengembangan soal berstandar Nasional.

Keinginan Irwan Suaib memfasilitasi pelatihan tersebut diungkapkan disela pemantauan Penilaian Akhir Semester (PAS) di UPTD SMPN 5 Sinjai, di Jalan Bulu Lohe, Sinjai Utara, Selasa (11/6/2024).

Menurut Irwan, pentingnya penyusunan soal yang mengacu pada standar nasional, seperti soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Hal tersebut sengaja akan digagas kedepan agar para pelajar terbiasa dengan format dan tingkat kesulitan soal-soal di kompetisi sains nasional.

Dengan begitu, pemberian soal-soal yang lebih kompleks dan menantang akan mendorong para pelajar untuk berpikir kritis dan kreatif, serta melatih daya nalar mereka.

"Kemampuan ini penting untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan," tuturnya didampingi Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), Muhammad Ridwan, dan Kabid Sekolah Dasar (SD) Muhammad Adli Arifin.



Irwan Suaib, menegaskan pelatihan penyusunan soal berstandar nasional juga tentu akan berdampak pada peningkatan kompetensi para guru dalam menyusun soal-soal yang berkualitas.

"Dengan demikian, diharapkan para siswa di Kabupaten Sinjai akan mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional," harapnya.

PAS dilingkup Disdik Sinjai serentak dilaksanakan di sembilan Kecamatan hingga 15 Juni 2024 mendatang, baik tingkat SD maupun tingkat SMP.

Pemantauan Penilaian Akhir Semester (PAS) disambut oleh Kepala UPTD SMPN 5 Sinjai Dr. Andi Ilham Nur, M.Pd bersama para guru dan staff."sinjai".

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA