Ticker

6/recent/ticker-posts

SDN 148 Baru, Manfaatkan Pekarangan Sekolah Kembangkan Budidaya Sayur




SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Upaya menumbuhkan kecintaan lingkungan, satuan pendidikan Sekolah Dasar Negeri SDN 148 Baru, punya inovasi untuk memperkuat pendidikan lingkungan kepada anak didiknya. Salah satu inovasi itu diwujudkan dalam bentuk kebun sayuran yang ada di lingkungan sekolah ini, ada sayuran Kacan panjang, Terong, Tomat, Cabai hingga umbi-umbian.

Kepala SDN 148 Baru menandaskan, pihaknya menitik beratkan pada hijaunya lingkungan sebagaimana yang diharapkan, sekaligus mendukung pengendalian inflasi, mendukung program prioritas Pemerintah. Guna menunjang ketahanan pangan, Jajaran Sekolah SD Negeri 148 Baru Bontosalama Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. Memanfaatkan pekarangan atau lahan yang kosong, untuk di tanami sayur-sayuran.

Kepala sekolah SDN Nomor 148 Baru Muliyani. S.Pd mengatakan bahwa lahan untuk berkebun di sekolah kami tidak begitu luas, sehingga kami memanfaatkan sela-sela bangunan sekolah. Pemanfaatan pekarangan juga mengandung nilai pendidikan khususnya ciinta lingkungan serta dapat mendidik anggota keluarga pekarangan dapat menjadi laboratorium hidup.


Ini juga merupakan program prioritas Pj. Bupati Sinjai, Dinas pendidikan dan instansi terkait, salasatunya yaitu; Pengendalian inflasi dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, Penanganan stunting. Ketahanan dan kedaulatan pangan. (SINJAIBISA-Kolaboratif, Integritas, Solutif, Adaftif).

Banyak manfaat yang kami peroleh dari adanya kebun sekolah ini selain hasil panennya ternyata kebun sekolah dapat dijadikan sebagai media edukasi gizi bagi peserta didik kami, intinya budidaya sayuran juga dapat menanamkan jiwa kewirausahaan.

Lebih lanjut, Muliyani. S.Pd mengatakan budidaya sayuran di sekolah membuatnya juga siswa mengerti akan pentingnya makanan sehat, terutama sayuran yang mengandung banyak serat. Kami mengajak siswa menkomsumsi sayuran aman, intinya budidaya sayuran juga dapat manfaatnya banyak, bikin kita sehat, pencernaan lancar dan baik untuk pertumbuhan,” Jelas, Muliyani. S.Pd.

Menumbuhkan kesadaran akan kecintaan lingkungan sekolah tersebut maka dilaksanakan gerakan menanam yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah, dari siswa, guru, karyawan hingga Kepala Sekolah semua terlibat dalam proses kegiatan tersebut. 

Upaya tersebut dimaksudkan menegaskan komitmen untuk mendukung program pemerintah, sekaligus menanamkan pembelajaran yang lebih baik kepada peserta didik maupun masyarakat luas. Rabu (31/01/2024).

Semoga saja apa yang telah kita lakukan keluarga besar SDN 148 Baru Desa Bontosalama Kecamatan Sinjai Barat, dapat bermanfaat bagi kita, dan bisa menunjang ketahanan pangan kita."Ungkapnya.

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar