Ticker

6/recent/ticker-posts

PSDA Sidrap Apresiasi Peran Masyarakat Jaga Saluran Irigasi



Sidrap, Kompak Nusantara.com -- Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Sidrap mengapresiasi peran aktif masyarakat dalam menjaga dan memelihara saluran irigasi.

Hal itu disampaikan Kadis PSDA Sidrap melalui Kepala Bidang Bina Manfaat, Abdul Rahman menanggapi upaya swadaya masyarakat melakukan normalisasi saluran suplesi Belawa hilir beberapa waktu lalu.  

“Kami berterima kasih kepada masyarakat dan Kepala Desa Leppangeng Wajo dan Kepala Desa Mojong Sidrap yang telah berpartisipasi dalam upaya swadaya normalisasi untuk kelancaran suplai air ke Kabupaten Wajo dan sebagian Sidrap,” ungkap Rahman, Kamis (4/1/2024).

Rahman selanjutnya mengutarakan, saluran suplesi Belawa hilir dengan panjang kurang lebih 2.000  meter merupakan wilayah kewenangan pusat atau Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) PJ.

“Beberapa tahun ini diusulkan untuk normalisasi, tapi belum ada realisasi,” ungkapnya. 

Ia juga menyebut, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Leppangeng dan Kepala Desa Mojong, sekaitan upaya normalisasi saluran tersebut. 

“Berdasarkan penyampaian Kepala Desa Leppangeng Wajo dan Kepala Desa Mojong Sidrap, masyarakat tani  dan pemerintah desa sepakat melakukan penggalian saluran tersebut    meskipun tidak maksimal  secara keseluruhan bisa dinormalisasi,” tuturnya.

“Kami sudah berkordinasi dengn pihak BBWS PJ untuk melanjutkn penggalian secara tuntas,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar