Ticker

6/recent/ticker-posts

Pj.Bupati Enrekang sosialisasikan program prioritas.ini tujuannya




ENREKANG, KOMPAK NUSANTARA.COM - Memasuki putaran ke VI Gerakan Road show sosialisasi program Prioritas Pj.Bupati Enrekang memasuki Putaran terakhir atau ke enam meliputi Kecamatan Baroko dan kecamatan Masalle yang dipusatkan di kantor kecamatan Baroko.
Dua kecamatan tersebut menandai pula tuntasnya sosialisasi program prioritas yang digadang PJ.Bupati Enrekang di 12 kecamatan di kabupaten Enrekang. 

Pada kedua wilayah ini Kecamatan Baroko dan Kecamatan Masalle sebagai sentra produsen hortikultura seperti, bawang merah, kentang,wortel, cabe, kubis,tomat dan bawang prei.

Dalam suasana silaturahim yang akrab dan berdiskusi pada sosialisasi yang terakhir ini tetap menjadi fokus 10 program proiritas Pj. Bupati Enrekang yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 dan mendapat dukungan masyarakat.

Pada kegiatan sosialisasi yang di gelar di aula kecamatan Baroko dan kec. Masalle selain dihadiri camat Baroko dan Camat Masalle juga para asisten,Kadis Kominfo, para muspika,tokoh masyarakat dan para kepala desa pada 19 Januari 2024 lalu.
Pj Bupati Enrekang Dr.Baba pertama kali kunjungan kerja ditengah masyarakat Baroko dan Masalle mengenalkan diri serta menyampaikan penetapan dirinya oleh Mendagri RI dan dilantik Gubernur Sulsel pada 31 September 2023 silam.

Diawali pemaparan Pj Bupati dengan 10 Prioritas Pj Bupati Enrekang meminta dukungan segenap masyarakat demi kemajuan Kabupaten Enrekang terdiri 
1. Sukses Pemilu Dan Pilkada 2024 
2. Tata kelola pemerintahan efisien dan Efektif. 
3. Penyehatan Fiskal dan Peningkatan PAD. 
4. Percepatan Penurunan angka Prevelensi stanting.
5. Pengendalian Inflasi Daerah. 6. Ketahanan dan Kedaulatan Pangan 
7. Penurunan Angka kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrim 
8. Percepatan Digitalisasi Pemerintahan (Smart Goverment). 
9. Penataan Kota dan Perkotaan.
10. Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal(SPM).

Terkait menghadapi Pilcaleg dan Pilpres tahun 2024 beliau menekan pada para kepala desa untuk menjaga kondusifitas dan netralitas dalam pemilu pilpres dan pilcaleg 2024, utamanya Pilcaleg yang sangat rawan dengan gesekan. 

Lanjut Dr.Baba, untuk mengisi dan melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan dalam masa 1 tahun lebih kedepan telah diagenda pembangunan infrastruktur dan sosial ekonomi serta peningkatan pelayanan publik tahun 2024 meliputi 10 program prirotas.

Program percepatan penurunan prevalensi angka Stunting, penanganan kemiskinan serta penghapusan angka kemiskinan ekstrim juga program daerah mengenai tata perkotaan,pertamanan dannsistem drainase kota.

"dari aspirasi pembangunan yang berkembang Pemda Enrekang saat ini antaranya perlu ada perubahan dalam peningkatan wajah tata kota Enrekang, baik pertamanan kota termasuk sistim drainasenya,'jelasnya.

Begitu pula dari 10 prioritas program juga memperkuat ketahanan pangan tangguh melalui pengayaan hasil pangan dan peningkatan produksi didorong bantuan bibit untuk masyarakat agar lahan lebih menjadi produktif.
Sesi tanya jawab sejumlah Kades/BPD, peran wanita dan tokoh masyarakat menyimak dan berdialog utamanya kendala produksi hortikultura dirasakan petani biayanya semakin naik dan kebutuhan air pada lahan pertanian meningkat.

Pj. Bupati Enrekang akan situasi ekonomi saat ini telah melakukan operasi pasar murah yang digelar dibeberapa titik untuk memenuhi kebutuhan sembako harga murah bagi masyarakat.
"Pemda telah melakukan operasi pasar murah, terus berupaya mengendalikan harga pasar lebih murah untuk sembako, agar masyarakat memanfaatkan pasar murah tersebut,"kata Dr Baba.(yuliana)

Posting Komentar

0 Komentar