Breaking News

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kep. Selayar Lantik Pengurus Rintisan Saka Adyasta Pemilu Cabang Kep. Selayar.





SELAYAR, KOMPAK NUSANTARA.COM --Pelantikan Pengurus Rintisan Saka Adyasta Pemilu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kep. Selayar bertempat di Bumi Perkemahan Puncak Tanadoang Desa Bonto Marannu Kec Bontomanai Kab. Kep. Selayar pada hari Minggu 24 Desember 2023.

Dihadiri Kepala Lempusdiklatcab Gerakan Pramuka Kep. Selayar bersama anggota dan beberapa orang pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kep. Selayar, serta undangan lainnya .

Upacara pelantikan diawali pembacaan Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kep. Selayar Nomor: 011 Tahun 2023 tentang Kepengurusan Rintisan Saka Adyasta Pemilu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kep. Selayar oleh Wakil Ketua Kwarcab Kep. Selayar Bidang Saka Sako dan Gugus Dharma Andi Rizal, SE.

Selanjutnya sambutan Ketua Bawaslu Kep. Selayar disampaikan oleh Wakil Ketua Bawaslu Kep. Selayar  menyampaikan bahwa dengan di bentuknya  Rintisan Saka Adyasta ini dapat membantu  tugas- tugas kami dalam upaya  pencegahan dan mengatasi pelanggaran Pemilu karena personil kami di Bawaslu sangat terbatas.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kep. Selayar yang juga sebagai Wakil Bupati Kep. Selayar H. Saiful Arif, SH. dalam arahan pelantikan menyampaikan bahwa hari ini adalah awal pekerjaan Saka ini dibidang Kepramukaan.
 
Bawaslu adalah salah satu penentu suksesnya agenda politik yang kita ketahui jumlah personil Bawaslu sangat terbatas. Diharapkan dengan kehadiran Rintisan Saka Adyasta Pemilu ini dapat membantu Bawaslu mewujudkan Pemilu JURDIL. Tugas Bawaslu dalam wilayah yang cukup luas ini diharapkan terbantu dengan kehadiran Saka ini, sehingga bawaslu bukan menunggu laporan, dengan sendirinya Bawaslu mampu meminimalkan dan mencegah pelanggaran Pemilu .

H. Saiful Arif, SH menjelsakan bahwa ada beberapa indikator suksenya pelaksanaan pemilihan umum atara lain jumlah penduduk wajib pilih tinggi dan tinggi pula jumlah penduduk wajib pilih terdaftar sebagai pemilih tetap, 

 jumlah wajib pilih terdaftar tinggi  dan wajib pilih yang  dapat undangan dalam daftar pemilih tetap juga tinggi,  jumlah wajib pilih yang dapat undangan tinggi dan  yang datang ke TPS juga tinggi,

 jumlah wajib pilih yang datang ke TPS tinggi dan  yang menggunakan hak pilihnya tinggi,  jumlah wajib pilih yang datang ke TPS mencoblos tinggi dan  tinggi juga yang benar caranya mencoblos (syaratnya sah), Inilah indikator keberhasilan penyelenggaraan Pemilu.

H. Saiful Arif, SH menyampaikan kepada pengurus bahwa untuk keberhasilan dalam melaksanakan tugas kita pakai KISS (Komunikasi, Integrasi, Simplikasi, dan Sinergitas).

Pengurus Rintisan Saka Adyasta Pemilu sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka adalah Ketua Bawaslu Kep. Selayar, sedangkan Pimpinan Rintisan Saka adalah H. Rosdan Chaerun Ahmad, SE., M.M.

Selesai upacara pelantikan dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kep. Selayar.
H. Saiful Arif, SH. menjelaskan petunjuk pelaksanaan Satuan Karya Gerakan Pramuka.

Ka Kwarcab juga menambahkan bahwa disetiap kursus, sosialisasi atau semacamnya harus dibarengi dengan PKS (Pengetahuan bertambah, Keterampilan meningkat, dan Sikap mengalami perubahan).

Jurnalis : Nalawapa

Editor : Sri Indah Wahyuni 

0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA