Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kep. Selayar Tegaskan "Tumbuh Kembangkan Generasi Tunas Bangsa "





Selayar, Kompak Nusantara.com -- Pernyataan ini disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kepulauan Selayar pada penutupan KML Pembina Pramuka Golongan Penggalang  yang ditutup hari Minggu 17 Desember 2023 di Bumi Perkemahan Puncak Tanadoang Desa Bontomarannu Kec. Bontomanai Kab. Kep Selayar.

Upacara ini dihadiri Kapusdiklada Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan Dr. H. Budiman Tahir, M.Pd. bersama dua orang pelatih, beberapa orang  Andalan Cabang dan semua  pelatih dari Pusdiklat Cabang  Gerakan Pramuka Kep. Selayar.

Upacara Penutupan kML diawali dengan laporan Pinsus KML Golongan Penggalang tahun 2023 oleh H. Said Syafri, S.Ag. Dalam laporannya menyampaikan bahwa  jumlah peserta
40 orang, dinyatakan
tidak berhasil lulus 5 orang karena kehadirannya dibawah standar, 7 orang tertunda kelulusannya karena hadir 5 hari tetapi karena urusan dinas terpaksa meninggalkan kegiatan KML ini.

 Pelaksanaan KML ini sangat ketat, demi menjamin kwalitas lulusan.

Pinsus menyampaikan permintaan kepada Ka Kwarcab kiranya Kwarcab Kep. Selayar berkenan mengadakan KPD  di Kep. Selayar ini sebagai tuan rumah demi memenuhi  minimnya jumlah pelatih di Kep. Selayar dan lulusan ini diharapkan dapat ikut semua jadi peserta ditambah dengan peserta  dari Kwarcab lain. 
 
Kesan dan Pesan dari perwakilan peserta oleh Tri Suryadi, S.Pd. berterima kasih sebanyak-banyaknya atas ilmu yang diberikan oleh pelatih, dan  memohon ma'af kalau ada kata dan tingkah kami kurang sesuai, kepada teman peserta 


komunikasi  terus menerus selalu kami harapkan demi pelaksanaan kegiatan di gugus depan masing masing.

 Lelah dan capek serta rasa ngantuk selama KML terbayar dengan ilmu yang kami peroleh di KML ini.

Sambutan Ka Kwarcab Getakan Pramuka Kep. Selayar H. Saiful Arif, SH. sekaligus menutup KML Golongan Penggalang.
Menyampaikan  bahwa tanggal hari ini adalah bilangan tanggal yang sangat bermakna religius, angka 17 banyak mengandung makna bagi Ummat Islam.
KML dimulai tanggal 11 sampai 17 Desember 2023.

Angka tersebut banyak maknanya dikalangan Ummat Islam.
H. Saiful arif merespon permohonan Pinsus tentang pelaksanaan KPD, bahwa sudah  sudah menyampaikan kepada para Wakil Ketua Kwarcab untuk membuat laporan guna penyususunan rencana kerja Kwarcab tahun 2024 untuk dibahas pada Rapat Kerja Kearcab akhir bulan Desember 2023 nanti.

lanjut H. Saiful Arif, SH. bahwa
Anggota Majelis Pembimbing perlu faham tentang ke Pramukaan.

Sembari mengenang ungkapan mantan Bupati Selayar Drs. H M. Akib Patta bahwa beliau sangat besar perhatiannya terhadap Pramuka. Beliau pernah menyampaikan kepada para Kepala Dinas dizaman beluau Bupat Selayar bahwa kalau ada kepala dinas tdk punya perhatian terhadap pramuka mak berhentilah jadi kepala dinas.

H. Saiful Arif, SH. mengharap bahwa alumni KML diharap agar membuat grup washaap untuk dapat berkomunikasi terus menerus dengan teman teman demi pembinaan pramuka di gudepnya demi membentuk karakter generasi bangsa.

Lanjut KaKwarcab, bahwa generasi muda yang di bentuk melalui  Pendidikan kepramukaan dapat mewarnai komunitas atau organisasi dimanapun dia berada. Inilah tanggung jawab bagi alumni KML  " Tumbuh Kembangkan Generasi Tunas Bangsa". 

Gugus Depan disetiap pangkalan Satuan Pendidikan harus melaksanakan Permendikbud Nomor:  63 Tahun 2014. tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Muatan lokal wajib di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Pernyataan penutupan KML secara resmi oleh Ka Kwarcab dan  dilanjutkan penyerahan ijazah KML Golongan Penggalang secara simbolis oleh Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kep. Selayar didampingi Kapusdiklat Daerah Gerakan  Pramuka Sulawesi Selatan Dr. H. Budiman Tahir,M.Pd. dan Kapusdiklatcab Gerakan Pramuka Kep. Selayar. Hj. Sutti Sarah.

Pembacaan do'a  oleh Ambo Nur, S.Pd. salah seorang peserta KML mengakhiri rakaian Upacara Penutupan KML Golongan Penggalang Kwarcab Gerakan Pramuka Kep. Selayar tahun 2023.

Jurnalis : Nalawapa

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar