Ticker

6/recent/ticker-posts

Dollah Mando: Terima Kasih Sidrap!




Sidrap, Kompak Nusantara.com -- Bupati Sidenreng Rappang, Ir. H. Dollah Mando, akan mengakhiri masa tugasnya akhir Desember 2023 ini. Seiring berakhirnya masa jabatannya, Dollah Mando yang didampingi Wakil Bupati H. Mahmud Yusuf memimpin Sidrap sejak 31 Desember 2018 lalu, menyampaikan terima kasih pada segenap lapisan masyarakat.

Dalam pernyataannya, Dollah Mando menyampaikan terima kasih kepada para pejabat yang telah bekerja dengan baik dalam mendukung program-program pembangunan selama dirinya bertugas sebagai kepala daerah.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mitra Pemerintah Kabupaten Sidrap yaitu Forkopimda Kabupaten Sidrap, para alim ulama, tokoh masyarakat, pemuda dan unsur masyarakat lainnya yang selama ini telah bahu-membahu bekerja sama membangun Kabupaten Sidrap menjadi semakin Maju dan Bersinar,” tutur Dollah.

Dia mengakui selama menjabat, masih banyak kekurangan dan belum tercapai dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Sidrap.

“Saya pamit kepada seluruh masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap. Semoga apa yang selama ini telah kita lakukan menjadi amal ibadah,” tuturnya.

Selama 5 tahun kepemimpinan Dollah Mando, sudah banyak yang dilakukan bersama OPD, para mitra dan masyarakat, khususnya program unggulan dan telah mendapatkan apresiasi penghargaan baik secara regional bahkan nasional.

Di bidang infrastruktur, rentang waktu 2019-2023 terbangun jalan kabupaten sepanjang total 97,284 km. Rinciannya, 55,427 km menggunakan dana alokasi khusus (DAK), dan 41,857 km dana alokasi umum (DAU). 
Turut terbangun 20 unit jembatan, serta talud sepanjang 4,772 km menggunakan DAU. 

Dalam periode yang sama, dilakukan pembangunan enam pasar yaitu, pembangunan Pasar Lombo, revitalisasi Pasar Lise, pembangunan Pasar Oleh-oleh Lawawoi, pembangunan/revitalisasi Pasar Dongi, pembangunan/revitalisasi Pasar Baranti, pembangunan/revitalisasi Pasar Massepe.

Dilakukan pula pembangunan baru kator Kecamatan Panca Lautang, rehabilitasi kantor Kecamatan Tellu Limpoe, serta rehabilitasi kantor Kecamatan Baranti.

Mendukung sektor pertanian, terealisasi peningkatan dan rehabilitasi bangunan dan jaringan irigasi 12.869 m, jalan tani 100.104 m, saluran tersier 20.683.26 m, embung 141 unit. Selain itu ada sumur bor atau pompanisasi 51 unit, bantuan benih padi  untuk lahan 74.044,26 ha, dan bantuan benih jagung untuk 22.385,00 ha.

Sementara fasilitas kesehatan dilaksanakan pembangunan RS Pratama Tanrutedong, pembangunan/rehabilitasi 4 gedung puskesmas, pembangunan/penambahan 10 unit ruang puskesmas, penambahan 3 ruang baru puskesmas, rehabilitasi 4 pustu, pembangunan/rehabilitasi 15 poskesdes, pembangunan 8 unit rumah dinas tenaga kesehatan, dan penambahan 4 unit ruang UPTD KB. 

Dollah Mando juga memberi perhatian besar di sektor keagamaan, dengan memberangkatkan umrah 106 orang, bantuan bagi 92 masjid dan 8 BMKT. Begitupun di sektor pendidikan, dibagikan seragam sekolah gratis untuk 15.709 murid SD, dan 90.868 siswa SMP. Untuk membantu menggerakkan perekonomian masyarakat, rentang 2019 hingga 2023 disalurkan bantuan kepada 569 UMKM.

Sementara itu, pada periode Dollah Mando dan Mahmud Yusuf terjadi pengurangan utang daerah yang signifikan. Awal menjabat,  rekap utang daerah sebesar Rp279.819.101.312,87 sementara akhir 2023 menjadi Rp63.252.145.276,10.

Kinerja Pemkab Sidrap di bawah kepemimpinan Dollah Mando juga bertabur prestasi dan penghargaan. Tercatat tidak kurang 125 prestasi dan penghargaan yang diraih Kabupaten Sidrap dalam era tersebut. Di sektor pengelolaan anggaran, misalnya, 5 kali opini wajar tanpa pengecualian (WTP) diterima. Jika diakumulasi dengan dua kali WTP periode sebelumnya, berarti Dollah Mando membawa Sidrap mempertahankan WTP 7 kali berturut-turut.

Begitu pun di sektor kesehatan, beragam prestasi disabet di antaranya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award kategori ODF (Open Defecation Free) tahun 2020, tenaga kesehatan tingkat nasional 2023,  hingga Swasti Saba Padapa tingkat nasional 2023.

Sektor-sektor lain pun turut menyumbang prestasi membanggakan. Sebut saja, Piala Adipura tahun 2022, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Champion Of The Years tahun 2022 dan 2023, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award tahun 2022, Reformasi Birokrasi Award 2022 dan 2023, penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2023, penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dua tahun terakhir, dan lain sebagainya.

Prestasi maupun penghargaan tersebut mencerminkan pengakuan pihak eksternal terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sidrap di berbagai bidang. Hai ini juga menunjukkan komitmen, kerja keras, dan keberhasilan Dollah Mando bersama jajarannya.

Tentunya tidak ada gading yang tak retak. Karenanya Dollah Mando dengan kerendahan hati memohon maaf atas kekurangan selama kepemimpinannya. 

“Dalam 5 tahun ini bila dalam bergaul ada ucapan dan perilaku yang kurang berkenan maupun dalam memimpin, kami atas nama segenap keluarga mengucapkan maaf yang sedalam dalamnya,” hatur Dollah.

“Selama kepemimpinan saya mungkin masih ada yang kurang dan yang belum sempurna, serta tidak mampu memuaskan semua masyarakat. Saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat, jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap dan seluruh ASN,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar