Ticker

6/recent/ticker-posts

Lestarikan Budaya Daerah, Bupati Sinjai Buka Festival Permainan Tradisional






SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Todilaling Kabupaten Sinjai kembali mendapat kepercayaan dan amanah untuk menyelenggarakan kegiatan budaya yang digagas oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbud RI.

Kegiatan melalui program Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan, (PKBM) Todilaling melaksanakan Festival Permainan Tradisional Budaya yang dilaksanakan di pelataran Stadion H. Andi Bintang Sinjai 25-27 Agustus 2023.

Kegiatan yang bertema “Bangkitkan Semangat dan Cinta Budaya Melalui Permainan Tradisional” ini dibuka secara langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Ghadista  Asapa (ASA) pada, Jumat (25/8/2023).

Ketua PKBM Todilaling Dra. Hj. Ernawati Madia menyampaikan bahwa festival ini untuk merefresh kembali masa kecil kita sekaligus sebagai sarana edukasi bagi generasi milenial yang hampir tidak memainkan lagi permainan tradisional.

“Alhamdulillah kami kembali dipercaya untuk melaksanakan kegiatan dari program Kemendikbudristek, mudah-mudahan kegiatan ini bisa melestarikan kembali berbagai permainan tradisional yang ada didaerah kita,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sinjai sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

Sementara itu Bupati  dalam sambutannya mengapresiasi PKBM Todilaling bersama Balai Pelestarian Budaya XIX yang berusaha melestarikan berbagai permainan tradisional melalui Festival Permainan Tradisional yang saat ini digelar di Kabupaten Sinjai.

Lebih lanjut Bupati  Sinjai menyatakan ini sangat penting dalam menghidupkan kembali permainan tradisional yang sarat dengan nilai-nilai positif dan nilai-nilai budaya yang berkearifan lokal dan membangun kebersamaan.



Festival ini bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak, serta sekaligus dalam rangka menangkal dampak negatif dari game dadget yang semakin marak di kalangan anak-anak,” ungkapnya.

Kegiatan ini diawali dengan karnaval budaya dengan kostum pakaian adat sambil memainkan olahraga tradisional yang diikuti oleh para siswa mulai dari tingkat PAUD hingga SMA/sederajat.

Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Bunda PAUD Sinjai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, para Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sinjai Rini Andi Jefrianto Asapa dan para Kepala Sekolah. (Hsria).

Jurnalis: Bakhtiar


Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar