Ticker

6/recent/ticker-posts

Melalui Virtual, DLHK Sinjai Kampanyekan Gerakan Kompos



SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) menggelar aksi “Compost Day”, Sabtu (10/06/2023).

Gerakan ini dilaksanakan secara serentak di 38 Provinsi dan 518 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Aksi pengomposan ini dicanangkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Wury Ma’ruf Amin dari Provinsi Bali. Termasuk di Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan, gerakan kompos ini dilaksanakan di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Jalan Persatuan Raya Kecamatan Sinjai Utara.

Kepala Dinas LHK Sinjai, H. Sofwan Sabirin menjelaskan, kegiatan pengomposan ini juga melibatkan ibu-ibu dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan penggiat lingkungan dan sampah.

Melalui gerakan ini, Sofwan berharap agar jumlah sampah organik dapat diminimalisir sebab dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.

“Tentunya dengan adanya kegiatan ini kami berharap ibu-ibu yang hadir dapat melakukan kegiatan kompos khususnya di skala kecil rumah tangga dengan harapan bisa mengurangi sampah organik sehingga dapat bermanfaat untuk pupuk organik,” harapnya.

Gerakan ini tersambung secara virtual melalui zoom, didalamnya dilaksanakan praktik pengomposan dengan menggunakan sampah organik untuk dibuat menjadi pupuk kompos.

Jurnalis: Hsria/Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar