Ticker

6/recent/ticker-posts

PKM Empagae Lakukan Pembinaan dan Pelayanan Kesehatan Terpadu di Pesantren Al-Azhar Talawe




Sidrap, Kompak Nusantara.com -- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Empagae, Kecamatan Watang Sidenreng, melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan terpadu berbasis kesehatan sekolah di Pondok Pesantren Al-Azhar Talawe, Desa Talawe, Selasa (16/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut, para santri diberikan beragam penyuluhan, mulai seputar gizi, kesehatan lingkungan, hingga bahaya rokok dan narkotika.

Kegiatan mengusung semangat sinergis, aplikatif dan kolaboratif, ditandai penandatangan MoU terkait program tersebut. Penandatangan dilakukan Kepala Puskesmas Empagae, Nurdin Latong dan Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Ashar Talawe, yang diwakili Sulaeman. 

Hadir dalam kegiatan ini Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, Kapolsek Maritengngae, Iptu H. Alwi, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Dalduk KB Sidrap, Hj. Mu’minah, Camat Watang Sidenreng, Hidayatullah Abbas, dan Kades Talawe, Syamsuddin. 

Nurdin Latong mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan para santri dapat terbina kesehatannya. “Selain itu, baik guru dan santri dapat terus menerapkan pola hidup sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sulaeman menyampaikan kebanggaan, kebahagiaan dan rasa syukur, karena pondok pesantren Nurul Azhar ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelayanan terpadu yang berbasis kesehatan di sekolah.

Dikatakannya, kerja sama pesantren dan Puskesmas Empagae telah terjalin lama, hanya saja belum dilakukan MoU, sehingga pihaknya merasa bersyukur. “Kerja sama ini sudah lama, namun secara legalitas baru hari ini dilakukan dan terwujud,” ungkapnya.

Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun mendorong para santri dan guru agar menerapkan pola hidup sehat, dengan melakukan olahraga, tidak merokok apalagi menggunakan narkoba.

“Kesehatan itu sangat penting, karena apabila badan sehat, kita akan bisa melaksanakan kegiatan dengan maksimal dan optimal,” kata Dandim.

Kegiatan diwarnai dengan tarian tradisional Paduppa, penampilan musik patrol hingga senam antimager.

Posting Komentar

0 Komentar