Ticker

6/recent/ticker-posts

Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) ke 33 tingkat Kabupaten Sidenreng Rappang berlangsung meriah.



Pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Ke-33  tingkat Kabupaten Sidrap, berlangsung meriah, di lapangan Polewali kecamatan Tellu limpoe, Kamis malam (3/11/2022)

Pembukaan dihadiri Bupati Sidenreng Rappang H Dollah Mando, Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan, Dandim 1420  Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, Kajari Sidrap, Hasnadira, Ketua Pengadilan Negeri Sidrap, Jumadi Apri Ahmad, dan Ketua Pengadilan Agama  Sidrap, Hj. Hidayani Paddengngeng.

Tampak  hadir pada acara pembukaan 
Syamsuddin dari Biro Kesra Sulsel  dan H. Rappe dari Kanwil Kemenag Sulsel, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap, Muhammad Idris Usman, para kepala OPD, camat, Kepala Desa, dan Lurah , serta toko Agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pembukaan di awali dengan devile  peserta dari  perwakilan  11  kecamatan dalam wilayah  Kabupaten Sidenreng Rappang.

Sekertaris Panitia, Muhammad Idris  Usman  dalam laporannya menyampaikan,  STQH ke-33 tingkat kabupaten Sidenreng Rappang  mengusung  tema: "Kita Wujudkan Generasi Qur'an Yang Sehat Dan Berkarakter Menuju Sidenreng Rappang Yang Religius".
Tahapan  STQH berlangsung selama 3 (tiga) hari, yang dimulai tanggal 4 sampai dengan 7 November 2022 ,  menggunakan 4 tempat yakni Panggung utama di lapangan Desa Polewali, Masjid Fajar teteaji, Masjid Darul Abrar teteaji, Aula Mts. Al barakah teteaji.

Lebih lanjut disebutkan "STQH ke 33 ini akan memperlombakan 5 kategori yang terbagi 11 golongan lomba. Kategori tersebut yakni Tilawah Anak Anak, Tilawah Dewasa, Hifdzil 1 juz dan tilawah, Hifdzil 5 juz dan tilawah, Hifdzil 10 juz, Hifdzil 20 juz, Hifdzil 30 juz, Hafalan 100 hadis dengan sanad, hafalan 500 hadis tanpa sanad, urainya
 selain itu,  juga akan memperlombakan Shalawat untuk majelis taklim antar kecamatan, Qasidah rebana untuk remaja masjid antara kecamatan," paparnya.

Sementara itu, Bupati Sidenreng Rappang H.  Dollah Mando, yang  diwakili Asisten Administrasi umum, Nasruddin waris menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penitia pelaksana dan seluruh masyarakat, atas terselenggaranya kegiatan ini, yang berjalan lancar dan aman.

"Kegiatan STQH dan MTQ telah menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan mulai dari tingkat kecamatan sampai nasional. Oleh sebab itu STQH ini merupakan  sarana untuk mewujudkan generasi yang mencintai dan mengamalkan Al-Qur'an dan hadits serta menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan dunia untuk mencapai kebahagian hakiki di akhir kelak",tuturnya.
Lebih lanjut disebutkan, perlu menjadi perhatian bersama bahwa kehidupan ini harus berjalan seimbang  antara kehidupan dunia dan akhirat, sehingga visi misi pemerintah daerah yang tertuang dalam berbagai program kegiatan, yang tidak hanya untuk pembagunan fisik dan ekonomi semata, akan tetapi juga diarahkan pada peningkatan kesehatan, pendidikan mental spiritual, dengan mengalokasikan anggaran yang sangat besar untuk bidang kesehatan dan pendidikan termasuk pembagunan masjid dan kegiatan yang kita lalukan saat ini.
 Pelaksanan STQH ini tidak hanya berfokus pada pencairan bibit unggul yang akan mewakili kabupaten Sidrap , baik tingkat provinsi maupun Nasional.  tetapi lebih dari itu untuk membentuk karakter manusia,  sesuai nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an.
"Salah satu program yang dilaksanankan adalah pembagunan pondok tahfidz Qur'an di masjid nona nonae kecamatan watang pulu, serta berupaya  bersinegri dengan program pemerintah provinsi Sulsel yaitu satu desa satu hafidz Al-Qur'an".tandasnya

Pembukaan STQH ditandai penyerahan piala bergilir dan pemukulan bedug oleh Bupati Sidrap didampingi unsur Forkopimda dan tamu undangan.

Posting Komentar

0 Komentar