Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab dan Kemenag Sidrap Kolaborasi Gelar Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW



Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang bersama Kantor Kementerian Agama, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), serta Pengelola Harian Masjid Agung Sidrap, melaksanakan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW, Kamis (20/10/2022).

Acara dihadiri Bupati Sidrap, H. Dollah Mando, Ketua DPRD Sidrap, H. Ruslan, Kakan Kemenag Sidrap, Muhammad Idris Usman, serta unsur forkopimda. Sebagai pembawa hikmah maulid, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulsel, Dr. Ilham Hamid.

Kakan Kemenag Sidrap, Muhammad Idris Usman di awal acara menjelaskan, peringatan Maulid Akbar tersebut merupakan kolaborasi pemerintah daerah dan Kementerian Agama Kabupaten Sidrap.

“Ini bentuk kolaborasi dan sinergi kita didukung Baznas dan pengelola Masjid Agung Sidrap,” jelasnya.

Ia menambahkan, Maulid Akbar di Masjid Agung Pangkajene Sidrap tersebut juga dihadiri peserta peringatan Hari Santri Tahun 2022 tingkat kabupaten.

Dr. Ilham Hamid dalam ceramahnya mengatakan, Nabi Muhammad SAW merupakan contoh teladan bagi umat manusia. Perilaku, akhlak, dan kepemimpinan Nabi Muhammad, lanjut Ilham, perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kepribadian Nabi Muhammad SAW harus senantiasa kita terapkan di kehidupan zaman now atau zaman milenial saat ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sidrap dalam sambutannya berharap segenap hadirin dapat mengambil contoh perilaku Nabi Muhammad sebagaimana dijelaskan pembawa hikmah maulid.

“Apa yang disampaikan tadi, seperti sifat kasih sayang nabi, kesabaran, dan rasa syukur, dijadikan bekal untuk dicontoh, sehingga kegiatan ini bermakna,” ujar Dollah.

Ia juga mengajak seluruh hadirin untuk memberbanyak selawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dikatakannya, dengan memperbanyak selawat, akan makin sering pula mengingat Nabi Muhammad dan keteladanannya.

“Orang yang banyak berselawat kepada Nabi akan mendapat syafaat di hari kemudian. Untuk itu mari perbanyak selawat,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, Dollah Mando juga mengimbau umat muslim yang memenuhi syarat untuk mengeluarkan zakat yang memang menjadi kewajiban. Diungkapnya, zakat yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Peringatan Maulid Akbar juga dihadiri Ketua Pengelola Harian Masjid Agung Sidrap, H. Bachtiar, Imam Besar Masjid Agung, H. Irwan Ali, para kepala OPD, asisten dan staf ahli, para camat, dan jajaran ASN Pemkab Sidrap. Turut pula para kepala KUA dan ajjaran Kantor Kemenag Sidrap.

Posting Komentar

0 Komentar