Ticker

6/recent/ticker-posts

Sosialisasi Pengukuran Arah Kiblat Mahasiswa PPL UIN Makassar di KUA Kec. Tarowang







Jeneponto,Kompak Nusantara Online--

Pihak KUA Kec. Tarowang mendapat telpon dari Kankemenag Kab.Jeneponto Abdul Rasyid (Humas Jeneponto) yang memberikan informasi bahwa ada mahasiswa PPL UIN Alauddin Makassar Fakultas Syari'ah Jurusan iIlmu Falak dan Hukum yang akan berkunjung ke KUA Kec. Tarowang / Senin,05/09/2022

Pada pukul 10.00 WITA mahasiswa PPL tiba di KUA  Kec. Tarowang dan disambut baik oleh seluruh ASN dan stafnya. Setelah mengisi buku tamu Akhmad Rewa membuka rapat awal dan mengarahkan kegiatan mahasiswa PPL tersebut. 


Koordinator mahasiswa Arwan Ahmad kemudian memberikan materi tentang tata cara pengukuran arah kiblat baik secara manual dan aplikasi online kepada seluruh ASN dan staf KUA  Kec. Tarowang. Setelah materi selesai kemudian dilanjutkan dengan praktek secara langsung pengukuran arah kiblat.    

Arah kiblat sebagai arah untuk menghadap umat Islam dalam melaksanakan ibadah shalat harus bebar-benar diperhatiakan, sebab setiap muslim akan merasa sempurnah ibadah shalatnya apabila dalam shalatnya telah memenuhi syarat dan rukun, salah satu syaratnya adalah menghadap arah kiblat (Ka'bah), hal ini telah menjadi kesepakatan (Ijma') para mujtahid.    


Setelah membawakan materi para mahasiswa ke Masjid Besar Nurul Amin Kec. Tarowang melakukan pengukuran arah kiblat yang disaksikan oleh imam masjid dan masyarakat.  

Akhmad Rewa selaku Humas  kedepnnya akan melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Kepala KUA Kec. Tarowang dan Kantor Kemenag Kab. Jeneponto dan menjadikan pengukuran arah kiblat sebagai prtogram unggulan tahun 2022 dan kita melakukan kerjasama lintas sektoral dengan pengurus BKPRMI, HPMT Komisariat Jeneponto dan MUI tentang pengukuran arah kiblat menjadi Program Kerja ungkapnya ...

Kegiatan Lembaga Keagamaan yang di prakarsai oleh Kantor Kemenag Kab. Jeneponto.  Dengan adanya program kerja pengukuran arah kiblat maka diharapkan masjid-masjid yang dulu mengukur arah kiblat memakai perkiraan terbit dan terbenamnya matahari yang kadang meleset arah kiblatnya. Dengan adanya program ini yang menggunakan alat sesuai standar dan sudah canggih maka diharapkan masjid-masjid arah kiblatnya sudah sesuai dengan arah kiblat yang sesungguhnya. 

Kami juga berharap agar alumni mahasiswa Fakultas Syari'ah Jurusan Ilmu Falak dan Hukum agar diberdayakan dan diperkerjakan baik di KUA Kecamatan maupun di Bimas Islam Kantor Kemenag Kab. Jeneponto sehingga dapat mendukung program kerja unggulan pengukuran arah kiblat di wilayah kerja Kab. Jeneponto.

Pewarta : Iskandar Lewa LC./A.R


Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar