Ticker

6/recent/ticker-posts

PDGI Cabang Sinjai Peringati HKGN, 1.733 Murid SD di Ajak Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi





SINJAI, KOMPAK NUSANTARA ONLINE
Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN), dan  Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Sinjai, menggelar kegiatan sikat gigi bersama pagi dan malam secara serentak bersama 1733 siswa SD di Kabupaten Sinjai.

Drg. Nurfaisah ketua PDGI Cab.Sinjai menyatakan HKGN 2022 adalah HKGN ke 12, dimana tanggal 12 September ini merupakan kick off dari seluruh rangkaian bulan kesehatan gigi nasional (BKGN). Kegiatan hari ini diikuti kurang lebih 708.265 anak melibatkan 2521 SD diseluruh indonesia dan ditargetkan akan memecahkan rekor MURI.

Kegiatan ini dengan Tema " Pulih bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia", sikat gigi malam diikuti secara daring dari rumah melalui perwakilan 1 anak 1 sekolah.Untuk Kabupaten Sinjai sendiri melibatkan 5 titik yaitu SD 1, SD 3, SD 4, SD 103 dan SDIT Wahdah Islamiah.

"Dengan HKGN ini diharapkan dapat menuju indonesia bebas karies 2030, dimana berdasarkan riset kesehatan dasar Nasional 2018, masih ada 93% anak yang mengalami lubang gigi artinya hanya 7 % anak yg bebas dari lubang gigi,seperti kita ketahui bahwa lubang gigi dan plak gigi adalah sumber dari masalah dalam mulut lainnya", Ucapnya.

Sementara itu Andi Jefrianto Asapa Kadis pendidikan Kab.Sinjai, "saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan semoga kegiatan ini terus berlanjut berkesinambungan secara berkala melalui PDGI &  Dnas Kesehatan kita siswa-siswa dapat berprilaku sehat dalam memelihara kesehatan giginya kedepan.

Lebih lanjut dr.Emmy Kartahara, kadis kesehatan Kab.upaten Sinjai mengatakan, bahwa kesehatan gigi dan mulut penting untuk menjaga produktivitas anak dalam belajar, juga agar makanan dapat dikunyah dan dicerna dengan baik agar tumbuh kembang optimal, juga untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lain.

Jurnalis :  Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar