Breaking News

Hujan Deras dan Angin Kencang Akibatkan Satu Pohon Besar Tumbang, Polsek Soreang Kerahkan Anggota Lakukan Antisipasi





Parepare -  Kompak Nusantara.com -- Polsek Soreang Polres Parepare turunkan personilnya melakukan pengamanan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat saja terjadi akibat kejadian pohon besar yang tumbang menimpa pagar rumah milik warga. 

Pohon besar yang tumbang ini melintang, juga menutupi jalan, sehingga akses lalu lalang kendaraan pun ikut terhambat dan sekaligus membahayakan pengguna kendaraan. 

Dampak lain yang di akibatkan, pohon tumbang tersebut dilaporkan menimpa sejumlah kabel listrik, akibat besarnya tekanan yang menimpa kabel listrik tersebut sehingga mengakibatkan tiang listrik yang terbuat dari beton pun ikut mengalami kerusakan (retak). Sedikitnya ada 5 (lima) tiang listrik beton yang dilaporkan mengalami kerusakan atau retak. 

Kejadian ini terjadi di Jl. Ladong Mursadi samping SMK 2 Parepare, Kel. Ujung Baru Kec. Soreang, pada hari selasa (2/7/2024) malam sekitar pukul 21.30 wita. Dari fakta lapangan, pohon besar yang tumbang tersebut berasal dari dalam kompleks SMK 2 Parepare.

Informasi yang diperoleh dari Kapolsek Soreang Iptu Kisman menyebutkan, penyebab tumbangnya pohon tersebut di akibatkan oleh hujan deras yang disertai dengan angin kencang. Diketahui, wilayah Kota Parepare pada umumnya di guyur hujan deras pada selasa (2/7/2024) malam. 

" Anggota yang ke lokasi kejadian yang di pimpin oleh Aiptu Abd. Rahman, mendapatkan informasi bahwa penyebab terjadinya pohon tumbang tersebut adalah hujan deras yang di sertai dengan angin kencang ". Kata Iptu Kisman membenarkan. 

Evakuasi terhadap pohon tumbang ini belum dilakukan lantaran jika dilakukan pemotongan pada pohon tersebut akan ikut mempengaruhi tiang beton yang rusak, aparat dari BPBD Parepare bersama BNPB dan PLN yang tiba di lokasi kejadian, memperkirakan tiang listrik beton yang rusak itu akan ikut patah dan menimpa rumah warga jika dilakukan pemotongan pohon tumbang tersebut. 

" Iya, menurut teman - teman Tim Penanggulangan Bencana yang ada di lokasi kejadian memperkirakan seperti itu, tiang listrik yang terbuat dari beton itu akan ikut patah, akibatnya patahan itu dapat menimpa rumah warga ". Tutur Iptu Kisman. 

Hingga siang ini, rabu (3/7/2024), upaya evakuasi masih dilakukan oleh pihak yang terkait, informasi yang di peroleh saat ini pihak PLN sedang menunggu datangnya 5 (lima) tiang listrik beton pengganti dari kab. Sidrap. 

Dikabarkan pula, tidak ada korban jiwa pada kejadian ini. 

" Iya, sampai saat ini tidak ada korban jiwa yang di laporkan warga maupun yang ditemukan di lokasi, yang ada adalah kerugian material yang diperkirakan berjumlah kurang lebih Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) ". Pungkas Iptu Kisman Kapolsek Soreang, yang memberikan keterangan mewakili Kapolres Parepare.(AM)

0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA