Breaking News

Dukung Ketahanan Pangan, Petani di Desa Barania Mulai Memasuki Musim Panen Padi




SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Dengann penuh rasa semangat bekerja, para petani di Desa Barania sudah mulai turun ke sawah untuk menuai padi milik meraka, panen padi di Desa Barania diperkirakan akan berlangsung dalam dua minggu ke depan. 

Dukung ketahanan pangan, panen ini akan dilakukan di seluruh area persawahan di Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat.

Kepala Desa Barania, Firman M. Maddolangeng, S Sos, menyampaikan bahwa wilayah desa Barania, memiliki hamparan sawah yang cukup luas sehingga sebagian besar warganya berprofesi menjadi petani.

Tahun ini sudah mulai memasuki musim panen padi masa Tanam 2024, panen padi pertama kali dilakukan pada bulan Mei ini hampir serentak padi menguning, tetapi hal ini tergantung oleh jenis padi dan waktu tanam.

Didesa Barania para petani masih menggunakan alat tradisional untuk memanen padi milik mereka. Seperti Raung Kapang (Ani-ani) dan Kandao (sabit).

Seperti terlihat, petani asal Dusun Mattirohalia menyambut dengan sukacita hasil kerja kerasnya menanam dan merawat padi selama ± 3 bulan yang akhirnya sudah siap panen. 

Menurutnya panen kali ini cukup melimpah dibanding tahun lalu karena para petani Desa Barania telah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa pupuk dan juga pendampingan dari petugas penyuluh lapangan. Hal ini membantu para petani dalam merawat tanaman padi mereka sehingga dapat tumbuh dengan subur.

Padi yang siap panen ini menjadi harapan besar untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Sebagian besar petani Desa Barania memanfaatkan hasil panen padi sebagai cadangan pangan sehingga masyarakat akan merasa tenteram karena kebutuhan pangan sudah tersedia. 

"Alhamdulilah di awal tahun 2024 ini warga masyarakat Desa Barania sudah banyak yang menuai panen padi. Semoga panen kali ini membawa berkah bagi petani, sehingga kebutuhan pangan dapat tercukup dan melimpah sekaligus dapat meningkatkan perekonomian para petani di Desa Barania dari bidang pertanian". Tutur Kepala Desa Barania, Firman M Maddolangeng, S Sos. Kamis (23/05/2024).

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA