Ticker

6/recent/ticker-posts

Bimtek SIPD-RI, Upaya Pemkab Sidrap Wujudkan Pengelolaan Keuangan yang Efektif




Sidrap, Kompak Nusantara.com -- Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, Muhammad Yusuf, membuka bimbingan teknis penatausahaan keuangan melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI), Selasa (27/2/2024).

Bimtek diikuti para pengelola keuangan lingkup Pemerintah Kabupaten Sidrap, terdiri kasubag perencanaan dan keuangan, bendahara, serta operator SIPD.

Acara berlangsung di Hotel Harper Perintis Makassar, dijadwalkan berlangsung hingga 29 Februari 2024.

Muhammad Yusuf dalam sambutannya mengatakan, pengelolaan keuangan daerah yang efektif sangat ditunjang kemampuan sumber daya manusia pengelola keuangan, dan sistem serta prosedur kerja yang andal.

Sekaitan hal tersebut, para pengelola keuangan harus dapat memahami dan menguasai SIPD agar implementasinya berjalan baik, dan penatausahaan keuangan maksimal.

"Kenapa kita mengunakan SIPD-RI?Karena ini adalah tools yang digunakan pemerintah daerah se-Indonesia dalam
mewujudkan sistem satu data dalam pengelolaan perencanaan dan
penganggaran, penatausahaan, hingga pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah," paparnya.

SIPD-RI tahun 2024, lanjut Yusuf, merupakan generasi baru dari transformasi SIPD sebelumnya, Hal itu menjadikan SIPD-RI menjadi
aplikasi umum yang bisa digunakan oleh pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga. 

"Upaya tersebut dilakukan untuk menyatukan aplikasi yang banyak dibangun oleh kementerian dan lembaga, sehingga diharapkan nantinya lebih efektif dan efisien," jelas Yusuf.

Diungkapkannya pula, narasumber/pemateri pada bimtek tersebut berasal dari Dirjen Bina Keuangan Daerah dan Pusat Data dan Informasi Kementerian Dalam Negeri. 

"Kesempatan ini harus digunakan dengan baik untuk bertanya terkait kendala dan masalah dalam implementasi SIPD-RI dalam penatausahaan keuangan," pesan Yusuf.

Ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Badan Keuangan dan Aset
Daerah (BKAD) Sidrap yang telah mempersiapkan kegiatan yang bermanfaat untuk perbaikan pengelolaan keuangan tersebut.

"Juga kepada para pengelola keuangan SKPD yang bersemangat menghadiri kegiatan ini, saya ucapkan terima kasih
tentunya acara ini dapat dijadikan momentum menimba ilmu," pungkasnya.

Dalam pembukaan bimtek tersebut, Pj. Sekda Sidrap didampingi Asisten Admistrasi Umum, Nasruddin Waris, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Andi Anis, dan Kepala BKAD, Sahabuddin.

Acara turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Siara Barang, para kepala OPD, kepala bagian, serta camat dan lurah.

Posting Komentar

0 Komentar