Ticker

6/recent/ticker-posts

UPT SDI Batang Mata Sapo No. 37 Kep. Selayar Laksanakan P5.



Selayar, Kompak Nusantara.com -- Salah satu kegiatan Murid UPT SDI Batang Mata Sapo Kec. Bontomatene Kab. Kep. Selayar ini dalam upaya pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Panca Sila (P5) melaksanakan pembelajaran Ko Kurikuler yang berthema "Kearifan Lokal" dengan topik "Giat Bertanam".

Terpantau oleh media ini beberapa orang murid kelas 2 sekolah ini berada di kebun sekolah sedang merawat tanaman, ada yang mencabut rumput, ada yang membersihkan hama yang lengket pada daun mentimun.

Di saksikan oleh Kepala Sekolah dan guru kelas 2 sebagai pasiltator.
Terdapat 3 jenis tanaman sayuran yang bersifat jangka pendek  yang ditanam oleh murid pada semester ini antara lain Mentimun, Lombok, dan tomat.

Tanaman ini ditanam pada satu lokasi dengan perlakuan yang sama bertujuan sebagai bahan pengamatan oleh murid.

Kepala UPT SDI Batangmata Sapo No.73 Kep.Selayar Andi Syamsul Rizal, S.Pd., M.Si menjelaskan bahwa setiap satu minggu masing masing murid perkelas dijadwalkan melakukan pengamatan di dampingi guru kelasnya sebagai pasilitator untuk mengamati dan mempelajari penyebab adanya tanaman yang pertumbuhannya lambat, sedangkan pemberian pupuk volume sama, disamping itu murid mempelajari jenis hama yang menyerang pada masing masing jenis tanaman.

Inilah tujuan kegiatan ini menjadi temat pengamatan murid antara lain perbedaan pertumbuhan tanaman, yang pertumbuhannya subur ada yang kurang suburapa penyebabnya sedangkan pupuk yang diberikan jenis dan takarannya sama, disamping itu hama yang ada pada masing masing jenis tanaman juga diamati untuk di carikan racun apa yang sesuai dan aman untuk membasmi hama tersebut .

Andi Syamsul Rizal menjelaskan bahwa apa yang kami lakukan ini adalah salah satu amanah dari kurikulum merdeka.

Nanti pada akhir semester akan diadakan pameran dari hasil pertanian ini kepada masyarakat setempat dan sekolah terdekat.

Perlu di ketahui bahwa UPT SDI Batangmata Sapo  Nomor 73 Kep. Selayar ini adalah salah satu dari 4 Sekolah Penggerak tingkat SD di Kab. Kep. Selayar. 

Jurnalis : ( Nalawapa)

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar