Ticker

6/recent/ticker-posts

Pelantikan Kades di Maritengngae, Wabup Sidrap Ingatkan Pentingnya Manajemen Perangkat dan Dana Desa




Sidrap, Kompak Nusantara.com -- Para kepala desa (kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Sidrap diminta 
hati-hati dalam mengganti perangkat desa dan mengelola anggaran dana desa.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa terpilih di wilayah Kecamatan Maritengngae, di Gedung Islamic Center Masjid Raya Pangkajene, Kamis (16/11/2023).

Adapun kades terpilih wilayah Kecamatan Maritengngae yang dilantik yakni Kades Allakkuang, Zainuddin Laombeng dan Kades Takkalasi, Sudarmin.

Dikatakan Mahmud, kondisi yang sering terjadi setelah pemilihan kepala desa adalah penggantian perangkat desa karena dianggap tidak memihak atau loyal, sehingga mengakibatkan meningkatnya pengaduan terkait tindakan kepala desa memberhentikan perangkat desa di luar ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Tentunya ini berdampak terhadap banyaknya sengketa tata usaha negara antar kepala desa dan perangkat desa," sebutnya.

Olehnya itu, Mahmud menegaskan kepada seluruh kepala desa yang telah disumpah dan dilantik agar selalu mentaati semua aturan-aturan tentang pemerintahan desa termasuk prosedur penggantian perangkat desa. 

Selain itu, Mahmud Yusuf juga mengingatkan kepada para kepala desa untuk hati-hati dalam menggunakan anggaran dana desa. 

Dijelaskannya, pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit nilainya untuk pembangunan desa, baik ADD yang bersumber dari APBD maupun yang bersumber dari APBN.

Untuk itu, Wabup Sidrap berharap kepada para kepala desa, perangkat desa, BPD agar melaksanakan pengelolaan keuangan desa sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dengan asas transparan, akuntabel, partisipatif dan dilakukan dengan tertib dan disiplin penggunaan anggaran.

"Saya perlu ingatkan dengan tegas, untuk tidak mempermainkan anggaran tersebut karena aparat pemerintah dan penegak hukum serta masyarakat akan senantiasa mengawasi penggunaannya," tegasnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades terpilih dihadiri Wakapolres Sidrap, Kompol M. Akib, Kapolsek Maritengngae, Iptu H. Alwi, Danramil 1420-03/Maritengngae Lettu Cpl Junarman, Kasi Pidsus, Abdulrahim, dan Kepala Dinas Pemdes dan PPA, Abbas Aras.

Acara turut dihadiri camat Maritengae, Andi Surya Praja Hadiningrat, sejumlah pejabat Pemkab Sidrap, tokoh masyarakat, panitia pemilihan kepala desa serta undangan lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar