Ticker

6/recent/ticker-posts

Kolaborasi Diskop UKM Nakertrans dan TP PKK Sidrap Tampilkan Produk Unggulan UMKM



Sidrap, Kompak Nusantara.Com--
Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sidrap bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK setempat, menggelar pameran produk unggulan UMKM.

Pameran dimulai Ahad (5/11/2023), dijadwalkan berlangsung 7 hari atau hingga 11 November 2023 di Pelataran Monumen Ganggawa Pangkajene.


Terdapat stan setiap kecamatan yang mengakomodasi produk unggulan UMKM dari wilayahnya masing-masing. Ada juga stan OPD terkait, TP PKK kabupaten, serta pihak lain yang berpartisipasi.

Kadiskop UKM Nakertrans Sidrap, H. Muhammad Rohady Ramadhan saat pembukaan menyebutkan, selain pameran ada juga bermacam lomba.

Di antaranya, lomba kemasan produk UMKM binaan TP PKK kecamatan. Dalam lomba ini, yang dinilai yaitu pelabelan (labelling) merk, logo, PIRT, label halal terbaru, komposisi, masa kedaluwarsa, serta desain dan kemasan ramah lingkungan.

"Lomba ini mendorong pelaku usaha membuat kemasan produk yang menarik, sesuai standar regulasi yang berlaku," ujar Rohady.



Lomba lain yang cukup inovatif yakni lomba podcast promosi produk UMKM. Para pelaku UMKM diberi ruang untuk mempromosikan produk unggulannya masing-masing.

Untuk menyemarakkan acara, digelar pula lomba jingle "Galeri Pelangi PKK". Galeri Pelangi merupakan singkatan dari Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi.

Masih dalam acara tersebut, Rohady mengungkap pihaknya juga mengadakan pendampingan pengurusan NIB (nomor induk berusaha). 

Ada juga pendampingan sertifikasi halal yang dilaksanakan bekerja sama LHC UMS Rappang. Pendampingan NIB dan sertifikasi halal ini digelar secara gratis.


Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal saat mewakili Bupati Sidrap membuka pameran menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi.

Ia selanjutnya mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pelaku UMKM untuk memperluas akses pasar dan memperkuat daya saing.

"Perlu menjadi perhatian kapasitas produk, kualitas produk, branding dan kemasan, efisiensi serta perluasan pasar," terang Iqbal.

Ia pun menyebut, pameran tersebut merupakan wadah yang tepat untuk memperkenalkan produk, mengembangkan kapasitas, dan daya saing pelaku UMKM.

Pembukaan pameran dihadiri Ketua TP PKK Sidrap, Hj. Suhara Dollah, perwakilan forkopimda, para kepala OPD, camat, ketua TP PKK kecamatan, ketua organisasi perempuan, dan undangan lainnya.(Darwin)



Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar