Ticker

6/recent/ticker-posts

Sebanyak 58 Team Ikuti Festival Layang Layang Kepulauan Selayar Tahun 2023.





Selayar, Kompak Nusantara.com -- Sebanyak 58 team Ikut Festival layang-layang yang bertempat dilapangan Pemuda Benteng Kab. Kep. Selayar pada hari sabtu 7 Oktober 2023 berlansung perlombaan layang layang yang di kemas dalam "Festival Layang Layang Kepulauan Selayar".


Terpantau oleh Media ini pada hari sabtu 7 Oktober 2023 puluhan ribu masyarakat dilapangan Pemuda Benteng Kep. Selayar menyaksikan perlombaan layang layang yang di gelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ka. Kep. Selayar yang oleh Saka Pariwisata Gerakan Pramuka  Kwarcab Kep. Selayar sebagai penggiat.


Pamong Saka Pariwisata Gerakan Pramuka Kwarcab Kep. Selayar Nur Kamar Syam sebagai salah seorang panitia pelaksana kepada media ini di arena lomba menjelaskan bahwa kegiatan lomba layang layang dalam bentuk Festival seperti ini baru pertama kali dilaksanakan didaerah ini, tujuan kami melaksanakan lomba ini untuk mengetahui apakah masyarakat selayar punya minat berlayang layang.



Walaupun kegiatan ini terkesan mepet waktunya  dikonsep cuma 15 hari dan waktu pendaftaran 13 hari tapi Alhamdulillah pendaftarnya kami anggap sudah cukup lumayan, antusias masyarakat terhadap kegiatan ini sangat tinggi.

Kegiatan yang kami rencakan dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 8 Okteber 2023 ini kami kaitkan dengan Hari Pariwisata Dunia tanggal 27 September 2023 yang lalu dan Festival Taka Bonerate bulan November 2023 yang akan datang.

Pembiayaan kegiatan ini berasal dari sponsor dan swadaya masyarakat sehingga kami tidak menggunakan anggaran dari Pemkab. Kep. Selayar.

Sejumlah 40 Team kategori dewasa dan 15 Team kategori anak anak ikut berlomba dengan menampilkan layang layang berthema  ke Selayar an, baik bentuk ataupun tulisan yang ditampilkan pala layang layang mereka.


Lanjut Nur Kamar Syam bahwa item penilaian ada 6 adalah keunikan, kreatif, keindahan terbang, kekompakan tiem, kebersihan layang layang, dan thema keselayaran layang layang (bentuk atau tulisan ke Selayaran).

Pantauan media diarena lomba menyaksikan bahwa layang layang yang sudah 3 kali jatuh saat waktu penerbangan yang telah ditentukan oleh panitia dinyatakan gugur.

Terpantau pula bahwa team yang terdiri minimal 2 orang per team dan maksimal 3  orang per team mereka menampilkan layang layang berthema ke Selayaran ada bentuk perahu layar, ikan pari, burung walet, kupu - kupu, ikan copa, ikan terbang dan bentuk pesawat  terbang bahkan bentuk ikan dan lain yang identik dengan Selayar.

 Mahmud salah seorang pengunjung/penonton kepada media ini di sekitar arena bahwa kami terlambat dengar informasi akan diadakannya kegiatan ini sehingga kami tidak sempat memersiapkan merakit layang layang untuk ikut lomba.

Jurnalis : Nalawapa

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar