Ticker

6/recent/ticker-posts

MILAD DESA BUNTU BARANA TANAH MADATU TORROANNA LAMBA PAONGANAN YANG KE 56 TAHUN DI DESA BUNTU BARANA KEC.CURIO KAB.ENREKANG.




  ENREKANG, KOMPAK NUSANTARA.COM -- Milad  desa buntu  barana yang  jatuh pada hari  minggu 22 oktober 2023   yang ke 65 yang di adakan  di lapangan sepak bola  Rante  limbong desa  buntu barana dengan tema  UMPASIUMPU TINTING BULAWAN UMPAKE'DE PANGMESATAN  yang di hadiri langsung oleh  bapak Mitra Fahrudfin  MB selaku  anggota   DPR RI 

Kepala dispopar kab Enrekang  Andi Faizal , Camat Curio  Warman,  Mantan kepala desa  yang ke 5   H.Puang  Amma Leha ,anggota DPRD kab.Enrekang  Andi Umar  Amma  Leha kepala desa buntu barana Malik Kassa , kepala desa pebaloran , kepala desa  parombean, kepala desa Mandalan, dan perwakilan   keluarga -keluarga  dari kepala desa pertama  sampai  sekarang diantaranya keluarga  H.puang  Muhamma,  keluarga H. Muhammad Tahir, dan salah satu  sesepuh desa buntu barana H.Araba.

Dalam sambutan ketua panitia  MILAD  Desa  buntu barana   menyampaikan bahwa

Maksud dari Desa buntu barana  TANAH MADATU TORRONNA LAMBA PAONGANAN adalah tanah tempat  yang muliyah  berkah keberadaanya  dan sebagai pohon tempat  bernaung .


Dan dengan tema UMPASIUMPU TINTING BULAWAN UMPA KE'DE PANGMESATAN yang artinya  menyambung atau mengeratkan  tali persaudaraan  mengokohkan  mendirikan persatuan ,yang dulunya  pebaloran , mandalan ,parombean dan buntu barana  adalah 1 desa yang sekarang  sudah menjadi 4 desa   setelah ada pemekaran  yang pada  saat  itu  yang menjabat sebagai kepala  desa  yaitu H.Puang Amma Leha  yang pada saat itu  adalah kepala desa ke 5 di tahun 1991.

Maksud dan tujuan di adakannya  Milad desa buntu barana  yaitu  untuk memper erat  lagi  kembali tali persaudaraan    di antara  4 desa  yang ada sekarang ini yaitu Desa pebaloran ,Desa Mandalan , Desa Parombean dan Desa Buntu barana itu sendiri..

Adapun kegiatan yang di adakan  dalam rangka MILAD Desa  buntu Barana yang ke 56 yaitu 
Kegiatan olaraga yang di antaranya Sepak bola mini usia  SD antara 9 sampai 12 tahun, sepak bola dewasa antaara usia 40 sampai 45 tahun, bola volli  putra , putri ,Tennis meja putra putri  kasti,  dan dari kesenian ada  senam kreasi  tingkat SD, Remaja dan Dewasa ,Kasidah tingkat  SD dan remaja ,Menyanyi solo  putra putri ,tarrian seni  tingkat SD ,olahan  cipta  menu non beras  untuk  Kelompok Wanita Tani (KWT) .


Cerdas Cermat untuk KWT,dan kegiatan lomba keagamaan  yaitu ,praktek wudhu,  Azan,,surah -surah pendek dll. dan acara Milad ke 56 tahun desa buntu barana berlangsung selama  1 bulan dan berakhir 23 november 2023 mendatang.

Dalam sambutan bapak Mitra FAKHRUDDDIN
MB sekaligus membuka secara resmi  MILAD desa Buntu barana yang ke 56 mengatakan bahwa  berdasarkan sejarah  SK buntu barana  tahun 2002  setelah terbentuknya  kecamatan curio  maka desa buntu barana  memecah  beberapa wilayah untuk menjadi  syarat prasyarat   berdirinya  1  kecamatan .

Berdasarkan sejarah  bahwa desa buntu barana  adalah salah satu  desa induk  yang terpecah  kebeberapa  desa -desa lainya ,dan desa buntu barana  memiliki story  di dalamnya.

Pa Mitra juga menyampaikan  bahwa  slogan  atau tema dari MILAD  Itu sendiri  bukan hanya sekedar  tema  juga   hanya sekedar  tulisan  dan  slogan  tetapi bagaimana TEMA tersebut   bisa di inplementasikan  di dalam kehidupan  kita sehari -hari, temanya harus  di terapjan  di seluruh  di mensih- di mensih  kehidupan  bermasyarakat yang ada di dasa buntu barana  dalam hal apapun  tetap menjunjung tinggi  nilai -nilai  untuk merajut kebersamaan .

Harapannya semoga ini menjadi ruang panggung buat  generasi   mudah kita  untuk bisa saling mengenal  ,tau  seperti apa  sejarah  dari desa buntu barana dan untuk bisa melibatkan  generasi -generasi  mudah dari desa parombean , begitu juga sebaliknya  bagian dari pebaloran atau minanga  dan Mandalan, bahwa  4 desa tersebut   adalah  satu Rumpun.

Beliau juga mengatakan bahwa  pembangunan desa buntu barana  sudah sangat maju  itu juga tidak terlepas antara kerja sama  sinergitas  antara orang tua  sesepuh,pendahulu  dengan pemerintah yang ada.

Saat ini  yang di pimpin   oleh kepala desa buntu barana yang baru Malik kassa.
Dengan harapan semoga  di usia yang ke 56 tahun desa buntu barana  bisa membawa perubahan baru  dengan terobosan -terobosan baru  untuk kemajuan  desa buntu barana  kedepannya dengan adanya  persatuan.
 
Dengan umur yang matang di usia 56 tahun  bisa memberikan arti dan makna dalam kehidupan  yang sudah di lalui  dan untuk memberikan  dorongan dan semangat   kepada generasi -generasi  muda.


Bahwa tidak  sembarang menjadi  generasi buntu barana  sehingga  generasi buntu barana  bisa   juga melahirkan  generasi yang produktif  dan proaktif  di masa yang akan datang  untuk kemajuan desa buntu barana dan ini akan menjadi kegiatan  tahunan .

Dan acara Milad desa buntu barana  berjalan dengan sukses dan lancar.

Jurnalis : Yuliani Iskandar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar