Ticker

6/recent/ticker-posts

Korwas Wil. Kec..Bontomatene Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Sebanyak 102 murid dari 17 SD se Kec. Bontomatene Kab. Kep Selayar





Selayar, Kompak Nusantara.com -- Korwas Wil. Kec..Bontomatene Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI)
Sebanyak 102 murid dari 17 SD se Kec. Bontomatene Kab. Kep Selayar mengadu bakat dan kemampuan di Kantor Korwas Wil. Kec. Bontomatene pada hari selasa 19 September 2023.


Lomba terdiri dari 3 cabang antara lain lomba mendongeng, lomba stan up komedi dan lomba menulis cerita pendek yang ketiganya lomba ini menggunakan bahasa selayar (Bicara Silajara)

Dalam pantauan media ini, kegiatan di tempatkan pada dua lokasi, lomba mendongeng di aula Korwas Wil. Kec. Bontomatene, sedangkan lomba stan up komedi dan lomba menulis cerpen di aula UPT SDI Bpnto Bonto.


Kepala UPT SDN Barat Lambongan Ahmad Raja, S.Pd. di tempat kegiatan kepada media ini menyatakan sangat salut dan berterima kasih atas diadakannya kegiatan ini, karena kami bisa melihat bakat dan kreatifitas masing masing murid. Ahmad Raja mengatakan bahwa seingat saya baru kali ini diadakan lomba semacam ini dengan menggunakan bahasa selayar (bicara Silajara). 

Sementara Kepala UPT SDN Barangka Adi Asdiamin, S.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat positif, karena selama ini bahasa selayar sudah jarang digunakan oleh anak anak zaman sekarang, sehingga kalau tidak di lombakan dalam bentuk sastera maka lama kelamaan bahasa selayar hilang dengan sendirinya.



Kegiatan ini bertujuan agar murid berusaha memelajari Bahasa Selayar Asli agar bisa menulis konsep atau bahan yang akan disajikan pada lomba ini.

Kegiatan yang di ketuai oleh A. Syamsul Rizal, S.Pd., M.Si. selaku Ketua K3S Kec..Bontomatene bersama Tiem Yuri memutuskan juara sesua hasil penilaian Dewan Yuri  Harfin Sunar, S.Pd dan kawan sebagai berikut:

Lomba Mendongeng dalam bahasa Selayar 
Kelompok putera:
1. S. Nurman Ali (SDI Buhung)
2. Bahtiar Karim (SDN Barat Lambongan)
3. Rahmat Saputra (SDN Lambongan)
Kelompok Puteri:
1. A. Permata Septia Kasih ( SDI Onto)
2. Amika Iffatunnisa (SDN Tonjo)
3. Ayumna Azzahra (SDN Parangia)

Lomba Menulis Cerpen dalam  bahasa Selayar,
Kelompok Putera:
1. Aldi Putra (SDN Barangka)
2. Muh..Asman (SDI Unjuruiya)
3. Rahmat Fajar (S DN Barat Lambongan)
Kelompok Puteri:
1. Auliah Sapirah (SDN Tonjo?
2. Elsa Nurul Fatasya (SDI Buhung)
3. Nur Alda Fitri (SDN Barat. Lambongan)

Lomba Stan Up Komedi dalam Bahasa Selayar,
Kelompok Putera:
1. Ahmad Fadli (SDN Barat Lambongan)
2. A. Arqam Ashari (SDN Tonjo)
3. Arya Putra (SDN Lambongan)
Kelompok Puteri:
1. Dini Yuliarti (SDN Barangka)
2. Aqilah Zahirah (SDN Tonjo)
3. Nur. Afidah Zahrah (SDN Pulo Pasi).

Jurnalis : Nalawapa

Editor Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar