Ticker

6/recent/ticker-posts

Hebat, Ponpes Darul Quran AL-UMM Laiya Kembangkan Model Usaha Peternakan Sapi




SINJAI, Kompak-nusantara.com -- 
Pondok Pesantren Daru Qur;an AL-UMM Layia Desa Tompobulu Kec.Bulupoddo Kab. Sinjai Prov. Sul-Sel, kini mulai mengembangkan usaha peternakan sapi sebagai upaya memenuhi kebutuhan lembaga tersebut.

Pimpinan pesantren AL-UMM Laiya H. M. Wahid Dahlan. LC sangat berterimakasi atas adanya bantuan 10 ekor sapi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, Penyerahan bantuan dilakukan pada 6 September 2023 oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di halaman pesantren.

"Alhamdulillah, Pesantren Darul Quran AL-UMM Laiya sudah menyediakan lahan guna dimanfaatkan buat memelihara sapi yang semuanya betina bantuan Pemkap Sinjai. " terang Pimpinan Ponpes Darul Quran AL-UMM Laiya, H.M. Wahid Dahlan, LC, saat ditemui disela kesibukannya, Kamis (7/9/2023).
 
H.M. Wahid Dahlan. LC saat di temui Media ini diajak ngopi di alung-alung pesantren. Mengatakan bahwa salah satu yang mengembangkan model usaha peternakan sapi adalah Ponpes AL-UMM Laiya ini satu-satunya lembanga pendidikan pesantren yang  mendapatkan bantuan inkubasi bisnis dari Kementerian Agama RI untuk pembuatan kandang sapi,"jelasnya.

Harapan saya kedepan ponpes ini punya kemandirian supaya bisa mandiri secara finansial bisa membangun secara berkesinambungan sesuai dengan kemampuan ekonominya pondok, jadi ini termasuk pondok pesantren di Sul-Sel ini yang punya usaha peternakan sapi.



Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala desa Tompobulu Muh. Asri beserta perangkat desa, BPD dan tokoh masyarakat, Camat Bulupoddo,, Dinas peternakan serta pendamping desa. turut hadir dari kementerian Agama Sinjai.

Keluarga besar pompes Al-Umm Laiya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Dusun Laiya dan semua pihak.

Kepala desa Tompobulu Muh.Asri  mengapresiasi apa yang di lakukan oleh Pesantren AL-UMM Laiya dalam menciptakan inovasi usaha ternak sap,i ini merupakan contoh bahwa pondok pesantren bisa mandiri dan tentu ini bisa terjadi karena ekosistem pesantren yang kuat, "pungkas Kepdes Muh. Asri.

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar