Ticker

6/recent/ticker-posts

Kelompok Tani Desa Palae Studi Tiru Penangkaran Beni Padi di UPT BBTP Sul-Sel Kab. Maros



SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Pemerintah Desa Palae Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai telah  berkunjung ke Kabupaten Maros untuk melakukan studi tiru dalam upaya meningkatkan kapasitas petani dan kelompok tani, pada 22 Juni 2023.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Pemerintah Desa Palae melakukan terobosan baru terkait Program Kerja di Bidang Pemberdayaan Masyarakat dalam hal kegiatan study tiru kelompok tani se- Desa Palae, dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia pengurus kelompok tani khususnya Penangkaran Benih Padi di UPT Balai Benih Tanaman Pangan (BBTP) Sulawesib Selatan Kabupaten Maros.

Diikuti sebanyak 50 peserta dan pendamping yang terdiri dari DPMD, Kasi Kecamatan Sinjai Selatan, Pemerintah Desa Palae, BPD, Penyuluh, Kordinator BPP,  Pendamping Desa, Gapoktan, dan Kelompok tani.


Adapun Kegiatan study tiru ini di danai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Palae tahun anggaran 2023.

Sebelum Memulai Kegiatan Study tiru , peserta berkumpul dikediaman kepala desa mendegarkan sedikit arahan dari Bapak Kepala Desa Palae Irham Asfar. S.Pt. Kemudian berangkat, Alhamdulillah tiba dilokasi tujuan (UPT Balai Benih Tanaman Pangan Sul-Sel Kabupaten Maros).

Selaku tuan rumah menyambut para peserta dengan ramah. Setelah kegiatan pemeberian materi dilanjutkan dengan shalat dzuhur dan makan siang, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan penangkaran benih padi.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan pemberian ucapan terima kasih berupa Cendera Mata dari Pemerintah Desa Ke UPT Balai Benih Tanaman Pangan Sul-Sel Kabupaten Maros.

Ahmad, S.Pdi Kesra Desa Palae, selaku pelaksana kegiatan berharap dengan terlaksananya kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas baik dari pengetahuan, keterampilan dan sikap pengurus kelompok tani se- Desa Palae.

“Kami berharap dengan diadakannya program study tiru ini bisa meningkatkan kapasitas pengurus kelompok tani, sehingga  para petani yang ada di Desa Palae juga bisa membuat penangkaran benih padi sendiri dan nantinya dapat menghasilkan benih padi unggul dengan panen yang melimpah, "terang, Ahmad. Rabu (26/07/2023).

“Kami sangat berterima kasih dan bersyukur, para peserta juga sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini karena dengan ini kami bisa mendapatkan pengetahuan luar biasa yang dapat kami aplikasikan selepas pulang dari kegiatan study tiru ini serta  ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk kelompok tani kami”. Tutur Asdar selaku Peserta Kegiatan study tiru.

Jurnalis: Bakhtiar



Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar