Ticker

6/recent/ticker-posts

Desa Barania Terpilih Wakili Kabupaten Sinjai Dalam Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi




SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat merupakan Desa berprestasi dan mendapatkan kepercayaan mewakili Kabupaten Sinjai dalam penilaian lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023.

Tim penilai Andi Muhammad Akbar Ratu Prawiranegara dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan mengunjungi Desa Barania untuk melakukan penilain kepada Desa Barania berprestasi tersebut. Selasa (27/06/2023).

Dalam samjutannya mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas keikutsertaan Desa Barania dalam  lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023.



Dikatakannya tahun ini adalah tahun pertama Sulawesi Selatan untuk melaksanakan kembali setelah tiga tahun vacum karena vandemi Covit 19. hal ini sesuai denga tema lomba desa dan kelurahan tahun ini adalah "Tata kelolah pemerintahan yang baik dalam mewjudkan stabilitas ekonomi dan sosial", yaitu bagaimana kita menciptakan tata kelolah pemerintahan yang baik dalam mengelolah potensi desa agar dapat berkontribusi dalam pendapatan desa dan daerah sesuai dengan permendagri  No 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan bahwa penilaian menitipberatkan pada bidang penyelengaraan pemerintahan kewilayaan, kemasyarakatan, inovasi dan pengembangan potensi desa serta implementasi dalam rangka mewujudkan masyarakat yang lebih baik. 

Pelaksanaan lomba desa adalah untuk memotivasi indikator pembangunan dengan tujuan meningkatkann pelayanan publik masyarakat desa guna mempercapat perwujudan kesejahteraan umum. 

Pemerintah desa tentu tidak dapat bekerja sendiri untuk mengelolah sejumlah potensi yang dimilikjnya sehingga sinergitas dan kolaborasi dengan pihak terkait  terutama pelibatan masyarakat dalam partisipasi dalam membangun akan nenjadi kunci utama dalam keberhasilan membangun desa.


Serkreraris Daerah Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa dalam sambutannya, Desa Barania adalah desa yang memiliki potensi alam yang terus di kembangkan dalam menunjan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai program yang di jalankan pemerintah desa Barania, beragam potensi tersebut dapat bermanfaatkan secara maksimal.

Pemerintah Kabupaten Sinjai menetapkan Desa Barania masuk dalam kawasan pembangunan pedesaan pengembangan budidaya air tawar dan perkebunan kopi,
program-program pemerintah Kabupaten Sinjai dapat di jalankan bersinergi oleh pemerintah desa Barania ditopan dengan sarana dan prasarana dalam penyelengaraan pemerintah, keberadaan unit sejumlah usaha turut membah kemampuan keuangan desa Barania, sektor wisata yang paling menonjol saat ini dengan alam yang sangat mendukun dan keberhasilan pemerintah desa mengembankan beberapa titik yang menjadi tempat kunjungan wisata diantaranya; Kampung Galung, Air
Terjung dan tempat wisata lainnya.

Ini  telah mengantarkan desa Barania diperingkat ke dua dalam promosi desa wisata nusantara periode Juli, Desember 2022.


Inovasi desa di bidang teknologi tepat guna adalah ada Bio gas, yang di manfaatkan oleh masyarakat. Kemudian pencuci wortel, perajang tembakau, dengan hadirnya perajang tembakau.

Di desa Barania ada beberapa tempat wisata yang kami kembankan adanya wisata Kampung galung dan tempat wisata lainnya, keberhasilan pemerintah di bidang pendapatan pemerintah di bidang pendapatan keluarga adanya pandai besi ini kami sampaikan bahwa pandai besi ini adalah perempuan semua, ada juga rumah jahit kemudian prestasi yang pernah kami raih adalah juara 1 lomba kebersihan dan keindahan  se-Kecamatan Sinjai Barat tahun 2019, juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2021, juara 1 lomba desa wisata 2022, lomba keterbukaan publik tingkat provinsi tahun 2022, juara 2 lomba promosi desa wisata tingkat nasional tahun 2022, kemudian juara 1 lomba kuliner khas Sinjai tingkat desa dan Kelurahan Kabupaten Sinjai..

Dalam pemaparannya, apa yang kami capai dan raih pada hari tidak kepas dari dukungan dan pembinaan pemerintah provinsi, Bapak Bupati Sinjai dan Forkopida serta segenap jajarannya, Camat Sinjai Barat serta kebersamaan dan persatuan dari seluruh masyarakat Desa Barania.

Melalui kesempatan yang berbahagua ini apabila penerintah Privinsi Sulawesi Selatan berkenan memberikan amanah kepada Desa Barania untuk mewakili provinsi Sulawesi Selatan pada lomba tingkat regional pada tahun 2023, insyaallah dengan segala kekuatan, segala persatuan segala kebersamaan dari pemerintah Desa Barania dan seluruh masyarakat Desa Barania.

Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sinjaj Yahufi Samad, Tim Penilai dari PMD Provinsi Sul-Sel, BPD Desa Barania, Forkopimda Sinjai, Camat Sinjai Barat serta Masyarakat setempat.

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar