Ticker

6/recent/ticker-posts

Tahapan Seleksi Paskibraka Bone Mulai Berjalan. Anggaran Operasional Turun Drastis



BONE, KOMPAK NUSANTARA.COM --Tahapan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kini mulai berjalan menghadapi persiapan perhelatan perayaan Proklamasi Kemerdekaan.

Tim seleksi yang sebelumnya di kordinir Dispora. Tahun 2023 ini Paskibraka dinaungi Kesbangpol.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Karakter Bangsa yang juga di percaya sebagai koordinator tim seleksi Khaeruddin Menyebut seleksi tingkat kabupaten sudah selesai dilakukan dengan jumlah peserta sebanyak 79 orang yang jaring melalui seleksi di tingkat SMA, SMK sederajat.

Jumlah tersebut, sesuai jumlah formasi ideal pasukan paskibraka. "Formasi  idealnya berjumlah 72 orang itu untuk memenuhi kuota formasi 17-8-45. Di tambah pemenuhan kuota peserta yang di ikutkan seleksi 4 orang di tingkat Provinsi.

Sementara alokasi anggaran tahun ini yang di siapkan Pemerintah Daerah hanya sebesar 287 juta. Jumlah tersebut  turun drastis di banding tahun lalu diangka 700 juta. Sementara anggaran yang di siapkan saat ini hanya mampu membiayai sekitar 40 perserta. 

Disisi lain untuk memenuhi formasi ideal Paskibraka anggaran yang di butuhkan kurang lebih sama anggaran tahun 2022 lalu di kisaran 700 jutaan.

"Tahapannya sudah mulai jalan. Peserta yang berhasil melalui tahapan proses seleksi kini sudah mulai di bina oleh tim seleksi yang terdiri dari TNI, Polri, Dispora dan Kesbangpol selaku penanggung jawab". terang Khaeruddin.

Terpisah Sekretaris Daerah Kabupaten Bone A. Islamuddin membenarkan adanya penurunan anggaran untuk pembinaan Paskibraka tahun ini.

Dengan demikian dengan anggaran yang ada saat ini, tentu kami berharap itu bisa di efektifkan. 

"Saya optimis teman yang ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan mampu mengefektifkan kegiatan ini".

Terkait kemungkinan penambahan anggaran kami tidak bisa pastikan. Yang pasti kegiatan pembinaanya jalan dulu seefektif mungkin. "Toh nanti kalau ada kegiatan yang bisa kita efesiensi bukan tidak mungkin untuk kita alokasikan penambahan anggaran.(Dn)

Posting Komentar

0 Komentar