Ticker

6/recent/ticker-posts

Sensus Pertanian, BPS Sinjai Melatih 278 Petugas Sensus Pertanian di Makassar



SINJAI, KOMPAK-NUSANTARA.COM
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai melatih 278 petugas Pensus Pertanian dalam dua gelombang di salah satu hotel di Makassar, Para petugas mengikuti pelatihan mulai 23-29 Mei 2023.

Kepala BPS Sinjai Arief Miftahudin mengungkapkan bahwa sensus pertanian bertujuan menyediakan data struktur pertanian sampai unit administrasi terkecil, yang digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian, serta
menghasilkan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan.

Arief, petugas terlatih ini akan mengunjungi semua keluarga dari rumah ke rumah untuk daerah konsentrasi pertanian. Sedangkan di wilayah bukan konsentrasi, hanya rumah tangga usaha tani didatangi. 

Lebih lanjut dijelaskan Arief mengatakan bahwa data BPS menunjukkan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan menyumbangkan 45,69 persen ProdukDomestik Regional Bruto Kabupaten Sinjai senilai Rp13,53 triliun atas dasar harga berlaku tahun 2022. Sektor ini merekrut 54,78 persen dari total pekerja pada Agustus 2022.

“Sensus pertanian ini menopang pembangunan pertanian yang berkelanjutan,” lanjut Arief.

Arif meminta agar masyarakat Kabupaten Sinjai menerima kunjungan petugas, selama dua bulan mendatang.

Kami harap responden jujur memberi keterangan kepada petugas sensus, agar menghasilkan data berkualitas," harapnya. Minggu (28/05/2023).

Para petugas akan mengumpulkan data di seluruh wilayah Kabupaten Sinjai selama Juni sampai Juli 2023.

Jurnalis :  'Fina/Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar