Ticker

6/recent/ticker-posts

Dollah Mando Pimpin Peringatan Hardiknas dan Hari Otda 2023 tingkat Kabupaten Sidrap



Sidrap Kompak Nusantara.com -- Bupati Sidrap, H. Dollah Mando memimpin peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 tingkat Kabupaten Sidrap di lapangan Kompleks SKPD, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Selasa (2/5/2023). 
 
Peringatan Hardiknas dirangkaikan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023, dihadiri unsur forkopimda, pejabat eselon II dan III, camat, lurah dan kepada desa.

Yang spesial, di kesempatan itu peserta upacara mengenakan pakaian adat. Hal ini sebagaimana imbauan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam surat Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023.

Dollah Mando yang membacakan sambutan seragam  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadien Anwar Makarim menyampaikan, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara .

"Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat, " terangnya.

Anak-anak kita, lanjut Dollah, sekarang juga bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai lebih holistik oleh gurunya sendiri. 

"Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya kini dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan," imbuhya.

Dollah menambahkan, Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang telah dihadapi, setiap jengkal langkah berani yang telah diambil.  

“Dengan mewujudkan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan untuk memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar,” urainya.

"Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," tutupnya.

Adapun peringatan Harti Otonomi Daerah tahun 2023 mengangkat tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul". Momentum peringatan ini mendorong daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Setelah Upacara Peringatan selasai acara dilanjutkan dengan Penanda tanganan surat perjanjian kerja PPPK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Penyerahaan surat perjanjian kerja PPPK dan penyerahaan dan penyematan Satyalancana Karya Satya kepada guru yang mengapdi 30, 20, 10 tahun.

Posting Komentar

0 Komentar