Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) Pimpin Upacara HARDIKNAS, Hadirnya Platform Merdeka Belajar Guru Berlomba Berbagi dan Berkarya




SINJAI, kompak-nusantara.com
Pemkab Sinjai melaksanakan upacara bendera, upacara bendera tersebut memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) berlansung di halaman kantor bupati Sinjai, Selasa 2 Mei 2023.

Pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, (Kemdikburistek RI) Nadiem Anwar Makarim, yang di bacakan oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) Hardiknas merupakan hari nasional tahunan yang diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahun.

Selama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi di sekitar kita di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri, para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Dengan hadirnya platform merdeka belajar. Para guru berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Dari segi pendanaan, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi juga setiap langkah berani yang sudah diambil, kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan merdeka belajar, transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita.

Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar mendidik, pelajar pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Hardiknas di Sinjai ada louching sepekan semarak Hari Pendidikan Nasional 3023 di Kabupaten Sinjai diitandai dengan pelepasan balong ke udara oleh Bupati Sinjai di dampingi ketua DPRD Sinjai, Sekretaris Daerah disakdikan para undangann seluruh peserta upacara.

Dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Irwan Swaib, Sekda Andi Jefrianto Asapa, pimpinan Forkopimda, para kepala OPD. Para kepala Sekolah se Kabupaten Sinjai, para guru, dan siswa-siswi serta hadir  jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, para undangan

Jurnalis: Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar