Ticker

6/recent/ticker-posts

Peringati Hari Otoda ke-XXVII, Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul




SINJAI, kompak-nusantara.com
Memperingati Hari Otonomi Daerah ke-XXVII tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar upacara yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), Sabtu (29/4/2023) di halaman kantor Bupati Sinjai.

Upacara peringatan Otoda tahun 2023 ini, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, dalam sambutan seragam Menteri Dalam Negeri, Andi Jefrianto Asapa mengatakan bahwa, Esensi filosofis dari Otonomi Daerah adalah desentralisasi kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal.  Salah satunya yaitu dengan menggali potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah," ungkapnya.

Namun tambahnya, data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD dibawah 20 persen dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD). 

"Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya," kata Jefrianto.

Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain. 

Tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”. 

Jurnalis: Hms/Bakhtiar

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar