Ticker

6/recent/ticker-posts

Menjelang Lebaran, Pemkab Sinjai Menggelar Pasar Murah



SINJAI, kompak-nusantara.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan ESDM Sinjai, menggelar pasar murah menjelang lebaran IdulFitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Pasar murah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok dan mengantisipasi kenaikan harga sehingga mendorong terciptanya stabilitas harga.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari hingga Rabu (19/4) besok, di pelataran parkir Masjid Islamic Sinjai ini, dibuka langsung oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa. Selasa, (18/4/2023) siang.

Kadis Perindag dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh mengatakan, pasar murah ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, apalagi menjelang lebaran.

Pasar murah ini, kata dia bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk penyediaan kebutuhan pokok, seperti Perum Bulog, Perbankan, toko retail Alfamidi hingga pelaku IKM dengan melakukan subsidi dari harga eceran tertinggi (HET).

Harga beras premium misalnya dari harga Rp12.500, di pasar murah ini dijual dengan harga Rp11.500 per Kilogram (Kg) begituan dengan harga minyak kita dari harga Rp14.000, dijual dengan harga Rp13.000 per Kg.

Selain kebutuhan pokok, di pasar murah ini, Pemkab Sinjai juga menyediakan paket minuman dari harga Rp100.000 disubsidi menjadi Rp75.000. Jumlah paket sembako dan paket minuman yang disediakan sebanyak 800 paket sesuai dengan jumlah kupon yang disediakan.

"Jadi ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dengan menyediakan kebutuhan pokok yang telah disubsidi. Jumlahnya sebanyak 800 paket sembako," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menyampaikan pasar murah yang dilaksanakan ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat Sinjai, khususnya bagi masyarakat kurang mampu sekaligus diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi lebaran yang tinggal hitungan hari. 

"Mudah-mudahan pasar murah ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Sinjai. Yang datang betul-betul bisa menggunakannya untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran IdulFitri nanti," harapnya.

Pembukaan pasar murah Pemkab Sinjai turut dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah, Pimpinan Perbankan serta seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan pasar murah tersebut.

Sebelumnya pasar murah juga digelar Pemkab Sinjai 2 hari sebelum memasuki bulan suci Ramadan 1444 Hijriah di halaman Gedung Pertemuan Sinjai. Saat itu, Pemkab Sinjai menyediakan sebanyak 800 paket sembako dengan harga yang telah disubsidi.

Jurnalis: Hms/Bakhtiar


Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar