Ticker

6/recent/ticker-posts

Gema Ramadan Berakhir, Bupati Sidrap Harap Jadi Agenda Tahunan



SIDRAP KOMPAK NUSANTARA.COM -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap sukses melaksanakan kegiatan Gema Ramadan 1444 Hijriah.

Kegiatan ini berlangsung 5 hingga 15 April 2023 dipusatkan di pelataran Pasar dan Terminal Lawawoi, Kelurahan Bangkai, Kecamatan Watang Pulu.

Bupati Sidrap H.Dollah Mando  mengapresiasi kegiatan ini dan berharap menjadi agenda rutin tahunan, sehingga potensi dan bakat keagamaan pelajar bisa tersalur.

Hal ini ditekankannya saat menutup Gema Ramadan yang mengangkat tema ”Kuatkan Aqidah, Perbaiki Akhlak, dan Sebarkan Kebaikan", Sabtu (15/4/2023).

Menurutnya, program keagamaan ini merupakan wujud edukasi pemerintah dalam pembinaan rohani dan mental para pelajar agar menjadi teladan dalam menyebarkan kebaikan di tengah masyarakat.

"Kegiatan ini harus dijadikan agenda tahunan karena ini merupakan kegiatan positif. Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini dan harus kita dukung,“ kata Dollah.

Kegiatan Gema Ramadan ini merupakan kegiatan Pemerintah Daerah bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidrap yang diaplikasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidrap dengan tujuan mengedukasi siswa-siswi tentang hal-hal positif keagamaan.

"Hal ini bisa jadi panutan anak dengan membiasakan sejak usia sekolah, dan menjadi evaluasi kepada siswa-siswi terhadap kegiatan pesantren kilat yang telah dilaksanakan di awal ramadan ini pada satuan pendidikan masing-masing," tegas Dollah Mando.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap Faisal Sehuddin menambahkan, Gema Ramadan ini merupakan kegiatan untuk menumbuhkan nilai-nilai norma agama, pembentukan akhlak dan mental rohani yang baik di masa depan anak-anak kelak.

Kategori yang dilombakan pada Gema Ramadnnini yakni untuk tingkat SD yakni lomba Hifdzil Qur'an (Kelas 1,2,3) dan Hifdzil Qur'an (kelas 4,5,6) dan lomba ceramah. Untuk tingkat SMP Hifdzil Qur'an dan Ceramah.

Berikut hasil lomba berdasarkan penilaian tim juri: 

*KATEGORI SMP HIFZIL :
1. SMP NEGERI 3 PANGSID
2. SMP NEGERI 1 PANCA RIJANG
3. SMP NEGERI 4 BARANTI
4. SMP NEGERI 1 DUA PITUE
5. SMP MUHAMMADIYAH RAPPANG

"CERAMAH SMP:
1. SMP NEGERI 1 PANGSID
2. SMP NEGERI 1 PANCA RIJANG
3. SMP NEGERI 1 BARANTI
4. SMP NEGERI 2 DUA PITUE
5. SMP NEGERI 2 BARANTI

*KATEGORI SD
HIFSIL SD A:
1. SDN 1 BENTENG
2. SDN 2 RAPPANG
3. SDIT AT TAUHID
4. SDN 2 OTTING
5. SDN 4 PANGKAJENE
*HIFSIL SD B:
1. SDN 1 PANGKAJENE
2. SDN 4 BENTENG
3. SDN 1 ARAWA
4. SDN 6 RAPPANG
5. SDN 1 LISE

*CERAMAH SD:
1. SDN 11 PANGKAJENE
2. SDN 1 AMPARITA
3. SDN 7 TIMORENG PANUA
4. SDN 1 LISE
5. SDN 1 ARAWA.

Posting Komentar

0 Komentar