Breaking News

PENYERAHAN BEASISWA PROGRAM INDONESIA PINTAR TAHUN 2022 DI DESA BUNTU BARANA KECAMATAN CURIO KAB.ENREKANG.




 Enrekang Kompak Nusantara.Com --   Pemberian bantuan beasiswa PIP lewat jalur aspirasi  salah satu anggota komisi x DPR RI dari fraksi PAN Mitra Fakhruddin MB yang merupakan salah satu   putra daerah kab.Enrekang . Mitra Fakhruddin memberikan bantuan  beasiswa program  indonesia pintar di SDN 130 RANTE LIMBONG  rabu 15 Maret 2023.


 Beasiswa  PIP ini adalah anggaran tahun 2022 yang baru di cairkan di tahun 2023 .penyerahan bantuan  beasiswa PIP ini di berikan secara simbolis  kepada para penerimah tanpa kehadiran  Mitra Fakhruddin yang di wakilkan oleh parah staf tenaga Ahli Mitra Fakhruddin.


Adapun yang hadir dalam penyerahan  PIP secara simbolis adalah  Camat Curio Warman,  Anggota DPRD kab.Enrekang Hendrik, Pengawas kecamatan Curio, Kepala sekolah SDN 130 Rante Limbong, SDN 135 Santempe, SEK Balabatu, SMK Allah , Kepala Desa Buntu Barana Malik Kassa. 

  Yang sangat menarik hadirnya  salah satu bakal Calon Gubernur SULSEL 2024 Bapak Ilham Arief Sirajuddin.beliu juga adalah salah satu tokoh MASPUL  di kab.Enrekang. 



Adapun Jumlah siswa penerimah   PIP di sekolah SDN 130 Rante limbong  sebanyak 44 siswa dari jumlah siswa 137 orang, sementara di sekolah SD SEk Balabatu  sebanyak  22 siswa.


Dalam sambutan bapak Ilham  Arief sirajuddin beliau memberikan Apresiasi kepada Mitra Fakhruddin bahwa Mitra Fakhruddin  betul - betul memahami  apa yang   di butuhkan  masyarakat  di  kab. Enrekang  dari sektor  pendidikan.

 
Sektor pendidikan  adalah hal yang paling utama dalam   meningkatkan  kualitas  sumber daya manusia ,masyarakat  kab.Enrekang   sedikit tertinggal  sehingga  Mitra Fakhruddin  memiliki komitmen  bagaimana  mencerdaskan .beliau juga mengatakan  begitu besar  perhatiannya terhadap  pendidikan, sehingga  bagaimana  Mitra Fakhruddin  memperjuangkan  hak -hak masyarakat di  kab.Enrekang, karena beliau juga  adalah salah satu  putra daerah  dari kab. Enrekang yang bisa duduk di Senayan  untuk menyuarakan  aspirasi masyarakat  khususnya  di kab.Enrekang.


Di sela -sela istrahat  salah satu tim staf  ahli   Mitra Fakhruddin  mengatakan bahwa tujuan  dari di berikannya   bantuan beasiswa PIP lewat Aspirasi .


 Mitra adalah  untuk meningkatkan  sumber daya manusia  khususnya kepada  Siswa  yang sementara  mengecam   pendidikan  yaitu biaya  dari pemerintah  di  turunkan  ke masyarakat sebagai pembiayaan  pendidikan anaknya  yang sementara menempuh  pendidikan  dari SD, SMP, SMA .


Adapun  kategori  yang berhak   dapat   bantuan  beasiswa PIP yaitu kategori 1 , siswa yang  berasal dari  keluarga  yang tercatat  di DTKS atau data terpadu  kesejahtraan  sosial  dari kementrian sosial.


Di DTSK ada 10 kategori  atau desil  dan yang berhak  menerimah  PIP adalah yakni, sangat miskin, miskin, hampir  miskin dan  rentan miskin.

Kategori 2  yaitu 
 masyarakat  miskin atau rentan miskin namun karena berbagai hal  tidak tercatat   di DTSK dan lantas di usulkan  oleh  dinas  pendidikan  atau  pemangku kepentingan  seperti  DPR  atau lembaga lainnya.

Adapun kuota yang di berikan untuk kab. Enrekang  sebanyak  25.600 koata  dan sudah yang terbagi  sebanyak  10.321 siswa dari tingkat SD,SMP,SMA dan SMK.
SD 6.242 siswa, SMP  1.173 siswa, SMA 1.897 siswa SMK sebanyak 1.009.

Jurnalis : Yuliani Iskandar

Editor  : Sri Indah Wahyuni 

0 Komentar

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
© Copyright 2022 - KOMPAK NUSANTARA