Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Jeneponto melaksanakan "Litersi Zakat dan Wakaf




Jeneponto,Kompak Nusantara.Com --  Kantor Kemenag Kab. Jeneponto melalui program kerja Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Kab. Jeneponto melaksanakan kegiatan "Literasi Zakat dan Wakaf", yang menghadirkan pemateri Kepala Seksi Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sulsel.

Pemateri dari Badan Pertanahan Nasional Kab. Jeneponto, dan kegiatan di pandu lansung oleh Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kab. Jeneponto Hj. Jasminih, S.Ag., MM.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kab. Jeneponto, Kasi Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, Ketua BAZNAS Jeneponto bersama anggotanya, dari Badan Pertanahan Nasional, Kasi Pondok Pesantern, Kepala KUA, dan para PAI Fungsional, peserta kurang lebih 50 orang.

Kepala Kankemenag Kab. Jeneponto H.Saharuddin, S.Pd.I., M.Pd dengan resmi membuka kegiatan "Literasi Zakat dan Wakaf" dan dalam sambutannya menyatakan bahwa setelah BAZNAS Jeneponto terbentuk dan dilantik oleh Bupati Jeneponto, Pengurus BAZNAS bersama anggotanya gencar melakukan sosialisasi di semua instansi di Kab. Jeneponto, maka saat itu Zakat Profesi mulai diberlakukan dan berjalan dengan baik, tetapi pernah terhambat karena ada diskomunikasi antara pihak bendahara dan ASN.

Olehnya Pengurus BAZNAS atas kejadian itu mengambil inisiatif  melakukan seminar Zakat, Infaq, dan Sedekah dengan mengundang narasumber, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prov. Sulsel AG. Prof.Dr.KH.M. Faried Wadjedy, LC.,MA), Ketua BAZNAS Prov. Sulsel DR.Dr. Muh. Khidri Alwi, M.Kes., MA, Ketua Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Turatea DPP KKT DR. H. Abdul Halim Talli, S.Ag., M.Ag, yang dihadiri oleh Bupati Jeneponto dan perangkat daerah lainnya, Kakankemenag Jeneponto, dan para Kepala KUA.

Bakri Tahir, SE.I., ME (Kasi Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Prov. Sulsel) dalam materinya menyampaikan bahwa dana zakat di Kab. jeneponto tahun 2022 kurang lebih 200 juta dan kami rasa ini sangat minim sekali bila semua berjalan normal dan sadar zakat. 

Maka zakat di Kab. Jeneponto bila berjalan dengan baik dan taat zakat, maka zakat di kab. jeneponto bisa mencapai 20 Milyar / Tahunnya,yang mencakup zakat profesi, zakat mall, pertanian, perdagangan, peternakan dan lain-lainnya.

Harapan kami di bulan suci Ramadhan agar ada tim safari dari tingkat Pemda kolaborasi Kantor Kemenag Kab. Jeneponto dan KUA Kecamatan, yang nantinya akan mensosialisasikan tentang  pentingnya zakat, infaq, dan sadaqah, wakaf dan hibah minimal 15 menit, agar pemahaman masyarakat lebih mendalam sehingga mereka sadar akan kewajiban membayar zakat karena itu adalah kerena itu adalah rukun |Islam. 

Pewarta : Iskandar Lewa/A.R

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar