Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemerintah desa Buntu Batuan kecamatan Malua Enrekang berhasil memenuhi kebutuhan air minum warganya




Enrekang, Kompak Nusantara.com --Tiga tahun terakhir pemerintah desa Buntu Batuan kecamatan Malua Enrekang memenuhi kebutuhan air minum warganya.


Ketika ditemui wartawan di kantornya menanyakan pengadaan air minum, kades Buntu Batuan Basri mengatakan. Program pemerintah desa selalu peka terhadap hal hal yang menjadi kebutuhan mendesak bagi warganya salah satunya air minum.


Mengingat air minum itu salah satu kebutuhan mendasar/kebutuhan hidup yang tidak bisa dikebelakankan untuk manusia.


Ditanya sumber air minum itu, kades Buntu Batuan Basri menjelaskan, sumber air minum salah satu dari sekian sumber berasal dari mata air dari ketinggian/digunung masuk wilayah Desa tetangga yaitu Desa Pepandungan.


Jaraknya sekitar 10 kilo meter dari ibu kota desa Buntu Batuan, yang dialirkan dengan sistim gravitasi artinya tidak pakai mesin pompa seperti sebagian desa di wilayah Duri kompleks.


Ditanya mengenai program ketahanan pangan, Basri mengatakan, untuk ketahanan pangan tahun 2022 yakni bantuan bibit ikan dan bibit jagung, dan untuk tahun 2023 direncanakan pemberian pupuk.


Untuk usaha Bumdes, menurut Kades Buntu Batuan usaha Bumdes salah satunya pemancingan ikan, setiap orang yang mau mancing ada retribusi untuk Bundes.


Selain itu kami masih memprogramkan pembangunan infrastruktur jalan tani, dan lainnya./

Jurnalis : Hafid

Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar