Ticker

6/recent/ticker-posts

Dalam kepemimpinan Gubernur Sul-Sel Andi Sudirman Sulaiman banyak pembangunan yang terbangun di sejumlah kabupaten Kota.




Enrekang, Kompak Nusantara.com -- Gubernur Sul-Sel Sudirman Sulaiman mengatakan, selama kurun waktu  tahun 2022 banyak pembangunan telah dibangun disejumlah kabupaten Kota, seperti ruas jalan Kabere Enrekang menuju  kabupaten Pinrang termasuk reel kereta api Barru, Pangkep, Maros dan Makassar.

Hal tersebut dikemukakan gubernur Sulsel Andi Sidirman Sulaiman yang terangkat 10 maret 2022 itu sebelumnya menjabat wakil gubernur menggantikan Nurdin Abdullah dalam sambutanya pada peringatan Hari jadi kabupaten Enrekang ke-63, dilapangan Batili Enrekang pagi tadi.

Andi Sidirman Sulaiman memimta, agar prasarana dan sarana pembangunan yang ada dimanfaatkan dengan baik, dan dipelihara sehingga dapat mendukung peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat.

Dikatakan, kabupaten Enrekang sebagai penghasil terbanyak mensubley produksi sayuran/hortikultura seperti kol, tomat cabe, dan terkhusus bawang merah sampai kekalimantan, apalagi ke Makassar, 

Dimana mana kata Gubernur disetiap  restoran yang disinggahi pasti ada sayur Kol ini menunjukkan Enrekang daerah terbesar penghasil sayuran di Sul-Sel, ada juga dari daerah selatan namun tidak banyak.

Kata Gubernur Enrekang juga telah diberikan bantuan prasarana dan sarana pertanian alat mesin pertanian, bantuan bibit, dan alat pendingin Cold Stroge berapa tahun lalu.

Dalam.melanjutkan sambutannya Gubernur Andi Sidirman Sulaiman sempat mempertanyakan mengenai bantuan Alat Cold Stroge apakah  digunakan. 
Gubernur lebih dulu menanyai kadis perindustrian dan perdagangan,  mengenai bantuan cold stroge berapa kafasitas, dijawab oleh Hamsir, S.Pd kafasitasnya 500 ton.

Kembali gubernur menanyakan, 
apakah bantuan ini digunakan  berjalan atau tidak, Hamsir.S.Pd menjawab, tidak digunakan.

Lalu ditanya lagi apa masalahnya, kadis perdagangan Hamsir menjawab, dengan nada yang masalahnya adalah harga.
Kemudian Gubernur kembali bertanya kepada kadis Pertanian dengan pertanyaan yang serupa, berapa kafasitas Cold Stroge, 

Kadis pertanian  Addi. SP menjawab kafasitas Cold Stroge yang ada di terminal agrobisnis Sumillan kecamatan Alla ini 5 Ton, berbeda dengan jawaban kadis perindustrian dan perdagangan.

Gubernur bertanya lagi kepada kadis pertanian mengenai apakah bantuan ini digunakan atau tidak, Addi.SP mengatakan, bantuan ini tidak digunakan.
Apa penyebabnya tidak digunakan kata Gubernur Sulsel A.Sudirman Sulaiman, kadis pertanian mengatakan, karena petani apabila panen produksinya langsung dijual keluar daerah.

Karena itu Gubernur Sulsel meminta, semua bantuan yang diberikan harus digunakan karena harganya mahal, anggaran negara yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kata gubeenur alat ini kiranya digunakan, karena mengapa harga bawang bisa turun karena jika bawang merah hanya di simpan kolong bawah rumah susutnya mencapai 27 persen, apalagi kalau bibitnya memang kurang baik lagi mahal tentunya harga jual rendah bahkan sampai 6 ribu atau naik sampai 15 ribu itu perlu dipikirkan, kasihan petani.

Ada beberapa pertanyaan gubernur yang ditujukan kepada kedua kadis yang tidak terjawab dengan baik, hal ini tentunya menjadi perhatian pemerintah daerah agar dipahami sehingga setiap bantuan digunakan secara baik dan  benar, agar bantuan itu tidak mubassir, atau sia-sia, makna pertanyaan Gubernur.

Jurnalis : Hafid

Editor : Sri Indah Wahyuni 


Dalam rangkaian HUT ke-63 kabupaten Enrekang gubernur Sudirman menyerahkan lagi bantuan dana 12 milyar untuk membenahi obyek wisata Andalan Enrekang yaitu obyek Wisata alam Buttu Macca yang ada di desa Bambapuang kecamatan Anggeraja.
Bantuan lain untuk beberapa Sarana Ibadah seperti pembangunan masjid Nurul Fatah Cakke kecamatan Anggeraja, mesjid Babul Jihat Gura desa Buntu Mondong kecamatan Buntu Batu, dan bantuan mesjid Nurul Iman deakaju desa Kadinge kecamatan Baraka.
Rangkaian peringatan hari jadi Enrekang di Lapangan Bati meski diguyur hujan banyak lapak lapak yang ikut meramaikan HUT ke-63, dengan menjual kuliner dan minuman segar dan diikuti aparat dari 12 kecamatan dan 129 desa dan kelurahan, ser

Posting Komentar

0 Komentar