Ticker

6/recent/ticker-posts

ACARA SUKURAN PESTA PANEN DI DUSUN ROGO DESA SUMBANG KECAMATAN CURIO KAB.ENREKANG



Enrekang Kompak Nusantara.com -- Acara sukuran pesta panen di desa Sumbang di adakan selasa 21 februari 2023. 

Acara tersebut adalah tradisi yang setiap tahunnya  di lakukan di Kecamatan Curio dan kali ini di desa Sumbang dusun  Rogo.acara sukuran tersebut  adalah bentuk dari rasa syukur   masyarakat yang sudah di berikan limpahan rezeki baik dari segi pertanian maupun dari segi perkebunan yaitu padi dan cengkeh.


Acara sukuran tersebut di adakan dengan sangat  sedernana  tetapi mengandung makna yang besar.


Acara pesta panen juga tidak terlepas  dari  kerja sama yang baik antara Camat Curio Warman  yang baru saja di lantik beberapa bulan yang lalu dan  kepala desa Sumbang Hasbullah dan semua partisipasi masyarakat  yang ada di desa sumbang  khususnya dusun Rogo dan dusun sekitarnya.



Acara Acara sukuran panen raya tahun ini  sangat istimewa walaupun dengan nuansa sangat sederhana namun mampu mendatangkan  sebagian pejabat pemerintah yang ada di kab.Enrekang diantaranya Bapak Bupati Enrekang H.Muslim Bando berserta Ibu Bupati, Sekda Enrekang, Kepala Baznas, Kepala Kominfo, kepala Depag yang mewakili, kepala dinas pertanian, perkebunan , kepala bidang ketahan pangan, serta 2 anggota DPRD  kab.Enrekangdan kepala - kepala desa yang ada di kecamatan Curio serta perwakilan penyuluh dan para pendidik serta siswa MIN dan masyarakat setempat.


Acara sukuran panen raya  juga menberikan  nuansa dengan  kearifan lokal yang ada di desa Sumbang  khususnya  kuliner,yang begitu beragam  masakan di sajikan  khususnya makanan khas  desa sumbang  yaitu DANGKE   yang terbuat dari Susu Sapi dan Kerbau, dan juga ada Pasarra yang berasal dari Pulu atau beras ketan,dan lain - lain.


Acara pesta panen juga sekaligus dialok dan tanya jawab  masyarakat   dengan para pejabat pemeritah  kabupaten Enrekang.



Di sela -sela istahat  kepala Desa Sumbang  bapak Hasbulla mengatakan bahwa acara sukuran tersebut adalah  bentuk rasa syukur masyarakat penuh berkah yang di limpahkan kepada masyarakat sumbang yang juga tidak terlepas dari bantuan- bantuan  swadaya masyarakat , dan ini adalah pestanya Rakyat,sehingga acara ini bisa terlaksana walaupun dengan nuansa yang sederhana.

dan yang sangat menarik dan mengharukan serta  membanggakan  adalah  salah satu masyarakat Rogo yang berdomisili di Pare -Pare bapak M.KASIM B yang datang untuk  menghibahkan tanahnya di dusun Rogo  seluas kurang lebih 700 meter persegi  untuk pembangunan 1 buah sekolah dasar MIN, pembangunan Masjid dan Rumah Tahfiz yang sekarang ini masih tahap pembangunan.


Lanjut Hasbullah mengatan apa yang beliau lakukan ini semata -mata karena Alah dan untuk amal jariahnya kelak dan semoga bermanfaat buat masyarakat .

Dalam sambutan bapak bupati  Enrekang  H.Muslimin Bando  mengatakan  beliau mengapresiasi  acara sukuran panen raya  tersebut kepada Camat Curio dan kepala Desa  Sumbang  yang bisa mendatangkan  begitu banyak pejabat pejabat pemerintah dengan nuansa yang sangat sederhana  namun bersahaja dengan berbaurnya semua masyarakat yang begitu antusias dengan acara syukuran tersebut.


Salah satu masyarakat desa sumbang juga mengatakan  bahwa acara syukuran tersebut adalah  bentuk dari kesyukuran kami  dari limpahan panen  yang  lebih   tahun ini.


Kami juga berterimakasih  kepada Camat Curio dan kepala Desa Sumbang  yang di mana ini adalah sebuah berkah buat kami  masyarakat Rogo dan sekitarnya yang bisa menbuat acara ini berjalan dengan baik dan  lancar .

Jurnalis: Yuliani Iskandar


Editor : Sri Indah Wahyuni 

Posting Komentar

0 Komentar