Ticker

6/recent/ticker-posts

PROGRAM PEMBANGUNAN DESA BUNTU SARONG KEC MASALLE 2021 SUDAH CAPAI 96% LEBIH





ENREKANG, KOMPAK NUSANTARA ONLINE -- Ketika ditemui dikantornya menanyakan realisasi program 2021, sekdes Buntu Sarong Irfan Alam  Agung mengatakan, program 2021 baik fisik maupun non fisik sudah mencapai 96 persen lebih, sisa ada kegiatan pengerasan jalan tani Bongli  Pocon sepanjang 110 meter.
Dikatakan, keterlambatan penyelesaian jalan tani Bongli Pocon terkendala akibat Cuaca hujan terus menerus, namun  material dan alat berat exsapator sudah ada tapi karena cuaca tidak bersahabat sehingga tertunda untuk menunggu cuaca yang bersahabat.
Dikatakan. Dana untuk pengerasan jalan tani Bongli Pocon sekitar 70 juta, kalau dana keseluruhan untuk pembangunan fisik sekitar 900 juta dari dana desa yang ada tahun anggaran 2021.
Ditanya kegiatan pemberdayaan kata sekdes Buntu Sarong Irfan Agung, kegiatan pemberdayaan yaitu pelatihan peningkatan kapasitas aparat, tahun ini juga akan diadakan pelatihan Bumdes.
Untuk pemberian BLT, kata Irfan tinggal 3 bulan lagi yaitu untuk bulan Oktober sampai Desember 2021, sebanyak 88 KK.
Untuk kegiatan Badan Usaha Milik masyarakat/Bundes selama ini adalah penggemukan sapi, namun tahun ini karena ketuanya mengundurkan diri terpaksa harus akan diadakan pergantian pengurus dan sudah ada yang siap menangani Bumdes.
Khusus untuk persiapan Pilkades Desa Buntu Sorong menurut sekdes calon kades yang ada hanya 2 orang, yaitu petahana kades Buntu Sarong Sudarman, dan Marhani.L, terdiri 4 TPS serta 1.909 Dpt, anggaran Pilkades 21 juta, bantuan dari kabupaten untuk pengadaan Atk dan honor panitia. dan dana pengadaan masker, tsani taiser, pengukur suhu tempat cuci tangan  dan sarung tangan sekali pakai dari anggaran dana penanggulan Covid yang dari dana desa 8 persen, demikian ungkap Sekdes Irfan Alam Agung/Hafid.


Editor Sri Indah Wahyuni

Posting Komentar

0 Komentar